Inovasi Pembuatan Salome Di Kelurahan Rabangodu Selatan Kecamatan Raba Kota Bima

Penulis

Ainun Jariyah , Hairunisa Hairunisa , Mariati Mariati

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.541

Diterbitkan:

2021-01-05

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

Kewirausahaan, Inovasi, Salome

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jariyah, A., Hairunisa, H., & Mariati, M. (2021). Inovasi Pembuatan Salome Di Kelurahan Rabangodu Selatan Kecamatan Raba Kota Bima. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.541

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kewirausahaan adalah suatu sikap atau kemampuan seseorang dalam melakukan atau menciptakan sesuatu yang baru dan memiliki keunikan yang dibuat secara kreatif dan inovatif. Adapun tujuan kami membuat usaha baru ini yaitu melakukan inovasi terhadap suatu produk pangan untuk meningkatkan perekonomian, dan memberikan gambaran contoh usaha untuk meminimalisir tingkat pengangguran. Metode yang digunakan meliputi persiapan, pemantapan riset pasar, formulasi produk, dan strategi pemasara yang dilakukan secara online dan offline. Produk inovasi yang ditawarkan berupa salome yang memiliki dua varian tambahan yaitu salome isi cabai dan salome isi sayur selain salome original, serta dilengkapi dengan saos pedas dan manis. Produk inovasi olahan salome seringkali dianggap sepele oleh masyarakat setempat, namun jika ditekuni usaha ini memiliki peluang yang sangat besar yaitu dapat meningkatkan perekonomiaan dan dapat mengurangi tingkat pengangguran masyarakat sekitar.

Referensi

Rachmawati, Rina.2011.peranan bauran pemasaran (marketing mix ) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran).jurnal kompetensi teknik 2 (2).

Saragih, Rintan, 2013. Berwirausaha Cerdas, Inspirasi bagi kaum muda, Yogyakarta; Graha Ilmu.

Wawan D., Hendrati, D, M., Anggraeni, P., Grisns, A., Indriyani, A, 2013, Inovasi dan Kewirausahaan Sosial. Panduan Dasar Menjadi Agen Perubahan, Bandung; Alfabeta

Jain, Monika, 2012, Social Entrepreneurship – Using Business Methods to Solve Sosial Problems: The Case of Kotwara, Decision, Vol.39, No.3, Desember 2012

https://www.beritasatu.com/ekonomi/424349/pemkot-bima-kerja-sama-kemkop-dan-ukm-cetak-wirausaha

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).