Article Metrics

Sari view : 0 times

Ketuntasan Kriteria Minimal Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Genetik Pada Kelas XII MIA di SMAN 1 Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah

Baiq Dini Najia Dzurrahmi, Nely Kusumaningrum, Rian Abendani, Hamzan Wadi

Sari

Penetapan kriteria ketuntasan minimal (KKM) belajar merupakan tahapan awal pelaksanaan penilaian hasil belajar sebagai bagian dari langkah pengembangan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan  yang akan  menjadi tolak ukur pencapaian kompetensi. Materi genetika merupakan salah materi Biologi kelas XII yang dianggap memiliki tingkat kesuliatan sangat tinggi, terlebih pada materi ini mengandalkan kemampuan berhitung. Ketercapaian KKM pada kelas XII MIA secara keseluruhan melebihi 50% yang dimana kelas XII MIA 2 memperoleh persentase tertinggi yaitu 83 %. Kemudian diikuti oleh kelas XII MIA 1 dengan persentase 79 % , dan yang paling rendah adalah kelas XII MIA 3 yaitu 74%.  Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu pembelajaran abad 21 yang secara sederhana diartikan sebagai pembelajaran yang memberikan kecakapan abad 21 kepada peserta didik, yaitu 4C yang meliputi: (1) communication (2) collaboration (3) Critical Thingking and problem solving, dan (4) Creative and Innovative. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui Ketuntasan Kriteria Minimal pada Mata Pelajaran Biologi Materi Genetik pada Kelas XII MIA di SMAN 1 Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Akbar, G.A., Diniyah, Akbar, Nurjaman, dan Bernard. 2018. Analisis Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa Sma Dalam Materi Peluang. Journal On Education. Volume 1. No. 1. ISSN : 2655-1365.

Darmayanti, Ni Wayan Sri dan I Komang Wisnu Budi Wijaya.2020. Evaluasi Pembelajaran IPA. Denpasar: Nilacakra

http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/C57DFB76-E37D-4D70-9244-5D81AC6FFF7B (Diakses pada 5 Desember 2020)

https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/7CB0392CCA2275471D3F (Diakses pada 5 Desember 2020)

https://sman1pringgarata.sch.id/ (Diakses 5 Desember 2020)

Irham, M. Dan Wiyani, N.A. 2013. Psikologi Pendidikan Teori dan

Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Iwan Riawan, Rencana Pengembangan Sekolah (Rps) Rencana Jangka Pendek Sma Negeri 1 Pringgarata Tahun Pelajaran 2020-202. Lombok Tengah: SMAN 1 Pringgarata

Mayasari, Dian. 2020. Program Perencanaan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish

Oktafyani , Irawan, dan, Putri. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Materi Genetika Di MAN Tanjungpinang. Jurnal Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Sudrajat, akhmad http://akhmadsudrajat.wordpress.com (accesed Desember 2020), 2008

Haambokoma, C. 2007. Nature and Causes of Learning Difficulties in Genetics at High School Level in Zambia. Journal of International Development and Cooperation. 13 (1). 1-9.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.