Article Metrics

Sari view : 0 times

Inovasi Mengajar Guna Membangkitkan Semangat Belajar Masyarakat Di Era New Normal Kelurahan Panji Sari Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah

Baiq Elfa Zuhrufillah, Wahyu Lailatul Hikmah, Nuriadi Nuriadi, Intan Dita Komalasari, Rega Anisa Theana

Sari

Pengembangan inovasi mengajar merupakan hal yang harus dilakukan untuk di era new normal ini, sebagai sarana membantu pendidikan yang ada di masyarakat, yang selama pandemi mengalami kendala dalam segala hal.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan mutu dan kualitas belajar walaupun dalam masa transisi era new normal, dengan menerapkan inovasi mengajar literasi dan numerasi yang diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar di era new normal, serta mampu memperluas pengetahuan masyarakat di Kelurahan Panji Sari, dan membawa dampak positif dalam dunia pendidikan.
Program ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan kualitatif deskriptif karena mampu menyajikan gambaran secara detail tentang suatu situasi. Pengambilan data pada program ini dilakukan dengan teknik observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari program mengajar di desa ini adalah terbentuknya masyarakat berkualitas
yang mampu meningkatkan mutu pendidikannya walau terhalang pandemi covid-19, dan sadar akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus.

Kata Kunci

Inovasi ; Literasi; Numerasi; Era New Normal; Covid- 19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Utami, dkk. 2019. Literasi dan Numerasi di SD Muhammadiyah. Vol. 3 No. 1, Februari 2019.

Ayuningtias, Nurina dan Sukriyah Dewi. 2020. Analisis Pengetahuan numerasi mahasiswa Matematika Calon Guru : STKIP PGRI Sidoarjo. Volume 9 Nomor2.

Rahmawati, L. 2016.Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Siswa di SMP Negeri 1 Burenang Trenggalek (Tahun Ajaran 2015-2016). Universitas IAIN Tulungagung.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.