Inovasi Mengajar Guna Membangkitkan Semangat Belajar Masyarakat Di Era New Normal Kelurahan Panji Sari Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah

Penulis

Baiq Elfa Zuhrufillah , Wahyu Lailatul Hikmah , Nuriadi Nuriadi , Intan Dita Komalasari , Rega Anisa Theana

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.554

Diterbitkan:

2021-01-07

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

Inovasi, Literasi, Numerasi, Era New Normal, Covid- 19

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Zuhrufillah, B. E., Hikmah, W. L., Nuriadi, N., Komalasari, I. D., & Theana, R. A. (2021). Inovasi Mengajar Guna Membangkitkan Semangat Belajar Masyarakat Di Era New Normal Kelurahan Panji Sari Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.554

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengembangan inovasi mengajar merupakan hal yang harus dilakukan untuk di era new normal ini, sebagai sarana membantu pendidikan yang ada di masyarakat, yang selama pandemi mengalami kendala dalam segala hal.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan mutu dan kualitas belajar walaupun dalam masa transisi era new normal, dengan menerapkan inovasi mengajar literasi dan numerasi yang diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar di era new normal, serta mampu memperluas pengetahuan masyarakat di Kelurahan Panji Sari, dan membawa dampak positif dalam dunia pendidikan.
Program ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan kualitatif deskriptif karena mampu menyajikan gambaran secara detail tentang suatu situasi. Pengambilan data pada program ini dilakukan dengan teknik observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari program mengajar di desa ini adalah terbentuknya masyarakat berkualitas
yang mampu meningkatkan mutu pendidikannya walau terhalang pandemi covid-19, dan sadar akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus.

Referensi

Utami, dkk. 2019. Literasi dan Numerasi di SD Muhammadiyah. Vol. 3 No. 1, Februari 2019.

Ayuningtias, Nurina dan Sukriyah Dewi. 2020. Analisis Pengetahuan numerasi mahasiswa Matematika Calon Guru : STKIP PGRI Sidoarjo. Volume 9 Nomor2.

Rahmawati, L. 2016.Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Siswa di SMP Negeri 1 Burenang Trenggalek (Tahun Ajaran 2015-2016). Universitas IAIN Tulungagung.

Biografi Penulis

Baiq Elfa Zuhrufillah, Universitas Mataram

Wahyu Lailatul Hikmah, Universitas Mataram

Nuriadi Nuriadi, Universitas Mataram

Intan Dita Komalasari, Universitas Mataram

Rega Anisa Theana, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).