Pemahaman Serta Penerapan Hak dan Kewajiban Pada Anak Usia Dini ( TK dan SD) Melalui Pembelajaran PPKn Di Taman Belajar Santai Dusun Bunsalak Desa Jago Kecamatan Praya Lombok Tengah

Penulis

Rosyada Ikhwani , Nuriadi Nuriadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.555

Diterbitkan:

2021-01-07

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

Pendidikan PPKn, Metode Kontekstual, Pendidikan Karakter, Hak dan Kewajiban, Dusun Bunsalak

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ikhwani, R., & Nuriadi, N. (2021). Pemahaman Serta Penerapan Hak dan Kewajiban Pada Anak Usia Dini ( TK dan SD) Melalui Pembelajaran PPKn Di Taman Belajar Santai Dusun Bunsalak Desa Jago Kecamatan Praya Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.555

Abstrak

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan atau yang biasa disingkat dengan PPKn merupakan salah satu mata pelajaran yang terdapat didalam kurikulum 2013. Mata pelajaran PPKn memuat berbagai materi mulai dari materi tentang politik, hukum, pendidikan karakter, hingga materi pengetahuan akan kebangsaan. Materi yang termuat didalam mapel PPKn selalu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari salah satunya yaitu pendidikan karakter yang penting bagi peserta didik. Untuk mengajarkan materi tersebut dapat digunakan berbagai cara atau metode, salah satu diantaranya yaitu menggunakan metode kontekstual, metode kontekstual adalah metode yang menghubungkan materi pelajaran dengan keadaan atau kondisi sebenarnya yang ada dilingkungan sekitar atau di lingkungan sehari-hari peserta didik. pendidikan karakter sangat penting untuk dikembangkan terutama untuk anak-anak yang berada didaerah kecil atau
anak-anak yang berada di desa, salah satunya untuk mengajarkan mereka akan niai-niai moral yang berkembang dimasyarakat juga mengembangkan dan mempertahankan nilai-nilai spiritual yang baik dan yang diturunkan oleh orang tua mereka. Untuk bisa mencapai hal tersebut diperlukan metode pembelajaran yang tepat, sehingga tujuan yang sudah direncanakan dapat tercapai dengan baik. Dalam hal ini penggunaan metode kontekstual dalam pembelajaran PPKn terutama mengenalkan hak dan kewajiban dilingkungan masyarakat, keluarga, dan sekolah pada peserta didik cukup efektif. Hak dan kewajiban telah termasuk didalam pendidikan karakter. Diharapkan dengan pelaksanaan pembelajaran PPKn ini dapat membuat peserta didik kelak bisa menjadi generasi penerus bangsa yang pandai dan cerdas tidak hanya pada aspek kognitif namun juga pada aspek afektif mereka, Sehingga bisa membangun bangsa dan negara

Referensi

Ibda, F. (2012). Pendidikan moral anak melalui pengajaran bidang studi PPKn dan pendidikan agama. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2).

Dianti, P. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1).

Winarno, M. S. Muatan Karakter dalam Materi Pendidikan Kewarganegaraan (Studi kasus pada buku pelajaran PPKn SMA).

Biografi Penulis

Rosyada Ikhwani, Universitas Mataram

Nuriadi Nuriadi, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).