Menciptakan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kekinian Baru Di Desa Janapria

Penulis

Ghiat Aditiya Ramdani , Nuriadi Nuriadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.557

Diterbitkan:

2021-01-08

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

KKN, New Normal, Minuman Kekinian Boba

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ramdani, G. A., & Nuriadi, N. (2021). Menciptakan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kekinian Baru Di Desa Janapria. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.557

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata di era New Normal saat ini memiliki konsep yang berbeda. Ada beberapa macam tema, penulis memilih P1000WB yakni agar dapat menciptakan usaha kecil – kecilan namun masih berkonsep dengan New Normal. Dalam kegiatan berjualan dengan konsep New Normal sesuai dengan Tujuan KKN unram dan daoat pulamengembangkan bakat serta keterampilan mahasiswa. Tema yang dipilih penulis dengan berjualan minuman kekinian saat ini dengan banyak varian rasa dapat menarik perhatian orang – orang banyak. Kegiatan ini dilakukan agar dapat mengenalkan minuman kekinian kepada seluruh warga di desa penulis dan dapat pula menjadi contoh bagi anak anak remaja lainnya untuk mengembangkan kreatifitas mereka. Minuman boba yang berbahan dasar tepung tapioka yang tidak memiliki rasa dengan ditambahnya gula merah dapat menciptakan rasa yang manis sehingga dapat dikonsumsi oleh semua kalangan. tidak hanya dengan rasa melainkan dengan harga dari minuman ini sangat terjangkau.

Referensi

Sutrisno,N.2003. kewirausahaan dalam pengembangan UKM di Indonesia, makalah disajikan Kongres ISEI ke. Xv.

Krisnamurti, B.2003. Usaha Mikro, kecil dan Menengah : Ekonomi Rakyat Dengan Cara Berekonomi Mereka Sendiri, Makalah disajikan dalam Kongres ISEI ke XV.

Biografi Penulis

Ghiat Aditiya Ramdani, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).