Pemanfaatan Hasil Pengembangan Instrumen Untuk Penilaian Literasi Sains Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 2 Mataram

Sari Hidayani, Jamaluddin Jamaluddin, Agus Ramdani

Sari


Literasi harus menjadi prioritas tujuan pendidikan karena memegang peranan penting dalam perkembangan kehidupan sehari-hari untuk itu pengukuran kemampuan berpikir kritis dan literasi sains menjadi sangat penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi sains peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Mataram yang dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan rangking sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi Sains Peserta Didik SMPN 2 dikategorikan tinggi yaitu dengan skor rata-rata 75,95 untuk kelas VII dan skor rata-rata 73,01 untuk kelas VIII yang diukur menggunakan instrumen penilaian literasi sains.


Kata Kunci


Pengembangan Instrumen; Literasi Sains; IPA; SMPN 2 Mataram

Referensi


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekan Praktik). Yokyakarta: Rineka Cipta

Bass, J., Contant,T. and Carin, A. (2009). Teaching Scienceas Inquiry (Eleventh Edition). United States of America: Pearson Education

Barrett, Terry. (2017). A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE

Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA): 5-9

Jufri, W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains (modal dasar menjadi guru profesional). Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Merta, W., Artayasa, P., Lestari, K., N. dan Setiadi, D. (2020). Profil Literasi Sains dan Model Pembelajaran Dapat Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pijar MIPA: 223-228

OECD-PISA. (2015). Assessment and Analytical Framework Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris: OECD

Snow, C. E., and Dibner, A. K. (2016). Science Literacy: Concepts, Contexts, and Consequences. Washington, DC: The National Academies Press. https://doi.org/10.17226/23595.

Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019, December). Green Chemistry Based Interactive Multimedia on Acid-Base Concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.




DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.560

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA terindeks pada: