Evaluasi Ekologis Pohon Pelindung Kampus Universitas Mataram

Penulis

Suripto Suripto , Siska Yunita Aksari

DOI:

10.29303/jpmpi.v3i2.565

Diterbitkan:

2021-01-13

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2020): .

Kata Kunci:

Evaluasi Ekologis, Declivity, Inclination, Kampus, Pohon Pelindung

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Suripto, S., & Aksari, S. Y. (2021). Evaluasi Ekologis Pohon Pelindung Kampus Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.565

Abstrak

Kampus Universitas Mataram memiliki pohon-pohon peneduh kampus hampir di semua unit. Beberapa keberadaan pohon masih cukup ideal sehingga dapat memenuhi fungsi estetis maupun ekologis, namun juga terdapat pohon-pohon di dalam lingkungan kampus yang menunjukkan adanya permasalahan. Permasalahan yang terjadi pada pohon-pohon berupa  penyimpangan-penyimpangan dendrogram pohon dari arsitektur idealnya berupa kemiringan tegakan pohon dan kecondongan tajuk. Permasalahan pohon tersebut bukan saja dapat menurunkan nilai estetik dan nilai ekologis dalam kampus, akan tetapi juga dapat meningkatkan resiko bahaya terhadap  properti dalam kampus seperti gedung-gedung kuliah, laborataorium, kantor dan kendaraan serta masyarakat yang sedang beraktivitas di dalam kampus. Oleh karena itu kegiatan pengabdian ini sangat penting dilakukan dalam mengembangkan kajian tentang evaluasi ekologis pohon pelindung di Kampus Universitas Mataram, dimana nantinya kajian ini dapat dimanfaatkan sebagai ilmu dasar untuk melakukan evaluasi ekologis pohon pelindung dan menjadi agen sosialisasi sekaligus pelopor dalam menjaga dan merawat pohon peneduh kampus, sehingga secara berkesinambungan keberadaan pohon- pohon peneduh di kampus Universitas Mataram tetap memenuhi fungsi estetis dan ekologis.

Referensi

Hasanuddin (2013).Model arsitektur pohon hutan Kota banda Aceh sebagai penunjang praktikum Morfologi Tumbuhan. Jurnal EduBio Tropia. 1(1):51-60.

Halle, F., Oldeman, R.A.A. & P.B. Tomlinson (1978). Tropical Trees and Forests: An Architectural Analysis. Cambride University Press.

Suripto, Ahyadi, H. & A. Jupri (2019).Identifikasi Kerusakan Pohon Peneduh Di kampus Universitas Mataram. Kumpulan Kertas Kerja Mata Kuliah Ilmu Lingkungan. Laporan tidak dipublikasikan. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram.

Dahlan, E.N. 2004. Membangun Hutan Kebun (Garden City) Bernuansa Hutan Kota. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Kaharudin. 2002. Laporan Penelitian: Studi Kesesuaian Jenis Vegetasi di Yogyakarta. Fakultas Kehutanan UGM. Yogyakarta.

Hidayat, I.W. 2010. Kajian Fungsi Ekologi Jalur Hijau Jalan Sebagai Penyangga Lingkungan Pada Tol Jagorawi (Study Of The Ecological Function Of Roadside Greenery Os Environmental Bulfer On Jagorawi Highway). J. Manusia Dan Lingkungan. 17(2): 124 – 13.

Suraida. 2012. Identifikasi Tumbuhan Penghijauan Sebagai Media Belajar Biologi. Jurnal Edu-Bio. Vol 3: 55-64.

Biografi Penulis

Suripto Suripto, Universitas Mataram

Siska Yunita Aksari, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).