Article Metrics

Sari view : 0 times

Penerapan Hasil Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Masalah dengan Pendekatan Brain Based Learning Untuk Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Peserta Didik di SMAN 4 Praya

Lalu Muhamad Ali Zakaria, Agus Abhi Purwoko, Saprizal Hadisaputra

Sari

artikel ini membahas tentang penerapan hasil pengembangan bahan ajar kimia berbasis masalah dengan pendekatan brain based learning untuk penilaian keterampilan berpikir kritis dan literasi sains. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Praya. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 34 siswa. Data dianalisis dengan persentase skor yang kemudian diinterpretasikan dengan kriteria kategori respon. Penilaian menggunakan dua pendekatan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil pendekatan kualitatif menunjukkan bahwa penerapan hasil pengembangan bahan ajar kimia berbasis masalah dengan pendekatan brain based learning menunjukkan kategori sangat positif dengan persentase di atas 80%. Hasil pendekatan kuantitatif penilaian keterampilan berpikir kritis dan literasi sains juga menunjukkan kategori positif dengan persentase lebih  dari 70%. Sehingga penerapan hasil pengembangan bahan ajar kimia berbasis masalah dengan pendekatan brain based learning praktis digunakan untuk mengevaluasi keterampilan berpikir kritis dan literasi sains peserta didik SMAN 4 Praya.

Kata Kunci

Kepraktisan Bahan Ajar; Berbasis Masalah; Brain Based Learning; Keterampilan Berfikir Kritis; Literasi Sains

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Al Idrus, S. W., Purwoko, A. A., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Lingkungan Berbasis Green Chemistry Pada Mata Kuliah Kimia Lngkungan. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 541-547.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Yogyakarta: Rineka Cipta.

Baran, M., & Sozbilir, M. (2018). An Application of Context-and Problem-Based Learning (C-PBL) into Teaching Thermodynamics. Research in Science Education, 48(4), 663-689.

Fahmidani, Y., Andayani, Y., Srikandijana, J., & Purwoko, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Lembar Kerja Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Chemistry Education Practice, 2(1), 1-5.

Hasana, I., Saptasari, M., & Wulandari, N. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI Materi Sistem Ekskresi Dan Koordinasi di SMAN 9 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 52-56.

Laksmiwati, D., Hadisaputra, S., & Siahaan, J. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA. Chemistry Education Practice, 1(2), 36-41.

Litaimer, D., & Putra, I. E. D. (2019). Penggunaan Sumber Belajar Diktat Buatan Guru Pada Pembelajaran Seni Budaya Di Mts Padang Laweh Kabupaten Sijunjung. Jurnal Sendratasik, 7(4), 61-67.

Mukmin, B. A., & Zunaidah, F. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar DELIKAN Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kota Kediri. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 145-158.

OECD-pisa.2018. Assessment and Analytical Framework Science, Reading, Matematic and Financial Literacy.Paris: OECD.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran IPA Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 5(1), 98-108.

Sadiqin, I. K., Istyadji, M., & Winarti, A. (2017). Mengoptimalkan Potensi Otak Kanan Siswa dalam Pembelajaran Kimia. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8(1), 27-35.

Setiyoningtyas, R., & Kasmui, K. (2020). Pengembangan Quizizz-Assisted Test Berbasis Literasi Peserta Didik Pada Materi Larutan Elektrolit Nonelektrolit. Chemistry in Education, 9(2), 63-69.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Yogyakarta: Alfabeta Bandung.

Suryawati, E., & Osman, K. (2017). Contextual learning: Innovative approach towards the development of students’ scientific attitude and natural science performance. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 61-76.

Susilowati, S., & Ramli, M. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. In Seminar Nasional Pendidikan Sains, 21(1), 223-231.

Ulfa, F. K. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis dan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain-Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 6(2), 106-116.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.