Penyuluhan dan Demonstrasi Deteksi Dini Tumor Payudara dengan Metode ‘SADARI’ pada Ibu-ibu RT 09 Pagesangan Mataram

Penulis

Ida Ayu Eka Widiastuti , Rifana Cholidah , Ika Primayanti

DOI:

10.29303/jpmpi.v3i2.567

Diterbitkan:

2021-01-12

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2020): .

Kata Kunci:

Kanker Payudara, Deteksi Dini, Pemeriksaan Payudara, Metode SADARI

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Widiastuti, I. A. E., Cholidah, R., & Primayanti, I. (2021). Penyuluhan dan Demonstrasi Deteksi Dini Tumor Payudara dengan Metode ‘SADARI’ pada Ibu-ibu RT 09 Pagesangan Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.567

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Salah satu penyakit tidak menular yang jumlahnya cukup tinggi adalah keganasan/kanker. Jenis kanker yang banyak diderita dan ditakuti oleh perempuan adalah kanker payudara. Kanker payudara adalah kanker dengan persentase kasus baru tertinggi (43,3%) dan persentase kematian tertinggi (12,9%) pada perempuan di dunia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, prevalensi kanker payudara di Indonesia mencapai 0,5 per 1000 perempuan. Diperlukan upaya preventif dengan melakukan deteksi dini terhadap tumor/keganasan payudara. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan ibu-ibu RT 09 Kelurahan Pagesangan Mataram mengenai cara sederhana melakukan deteksi tumor payudara secara mandiri dan peserta mampu melakukan pemeriksaan payudara dengan metode SADARI secara mandiri. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi penyuluhan, demonstrasi keterampilan pemeriksaan payudara dengan metode SADARI dan tanya jawab. Indikator keberhasilan kegiatan dinilai dari peningkatan pengetahuan ibu sebelum dan setelah kegiatan dengan menganalisis hasil pre dan posttest berupa 10 pertanyaan isian singkat. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada 20 Agustus 2019, dengan dihadiri oleh 27 orang ibu-ibu RT 09 Kelurahan Pagesangan Mataram. Terdapat peningkatan pengetahuan peserta sebelum dan setelah kegiatan, berdasarkan rerata nilai pre dan posttest, yaitu masing-masing 25, 93 dan 71,85. Penyuluhan dan demonstrasi pemeriksaan payudara dengan metode SADARI mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahamam ibu-ibu RT 09 Kelurahan Pagesangan Mataram sebagai upaya deteksi dini yang sederhana terhadap tumor/keganasan pada payudara.

Referensi

Brilliana, R.A., Arafah, Notobroto, H.R., 2017. Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Ibu Rumah Tangga Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). The Indonesian Journal of Public Health, Vol. 12 No. 2, pp. 143–153. Available at: https://e-journal.unair.ac.id/IJPH/article/view/7589 [Diakses pada 12 Februari 2019].

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2009. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta.

Globocan. 2012. Estimated Cancer Incidence, Mortality, Prevalence and Disabilityadjusted life years (DALYs) Worldwide in 2008. IARC Cancer Base No. 11.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2017. Kementerian Kesehatan Ajak Masyarakat Cegah dan Kendalikan Kanker. Jakarta: Kemenkes RI. Available at: http://www.depkes.go.id/article/print/17020200002/kementerian-kesehatan-ajak-masyarakat-cegah-dan-kendalikan-kanker.html [Diakses pada 12 Februari 2019].

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2012. Penyakit Tidak Menular. Jakarta: Pusdatin Kemenkes RI. Available at: http://www.pusdatin.kemkes.go.id/article/view/13010200029/penyakit-tidak-menular.html [Diakses pada 12 Februari 2019].

Kementerian kesehatan Republik Indonesia. 2014. Pusat Data dan Informasi. Jakarta.

Kementerian kesehatan Republik Indonesia. 2015. Pusat Data dan Informasi (Stop Kanker) Jakarta

Biografi Penulis

Ida Ayu Eka Widiastuti, Universitas Mataram

Rifana Cholidah, Universitas Mataram

Ika Primayanti, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).