Artikel Ilmiah Sebagai Media Kenaikan Pangkat Guru MA – MTs di Pondok Pesantren Darul Aminin NW Aikmual Praya Lombok Tengah

Penulis

Dian W. Kurniawidi , Teguh Ardianto , Syamsuddin Syamsuddin , I Wayan Sudiarta , L. Sahrul Hudha

DOI:

10.29303/jpmpi.v3i2.570

Diterbitkan:

2021-01-12

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2020): .

Kata Kunci:

Karya Tulis Ilmiah, Kemampuan Guru, Daring

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Kurniawidi, D. W., Ardianto, T., Syamsuddin, S., Sudiarta, I. W., & Hudha, L. S. (2021). Artikel Ilmiah Sebagai Media Kenaikan Pangkat Guru MA – MTs di Pondok Pesantren Darul Aminin NW Aikmual Praya Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.570

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan penelitian, contohnya menulis karya ilmiah, di sekolah tidak pernah diproritaskan untuk dilakukan, walaupun pemerintah telah melaksanakan bermacam pelatihan untuk meningkatkan kompetensi menulis guru. Menulis karya ilmiah juga ditetapkan sebagai syarat kepangkatan bagi guru. Terkait dengan permasalahan tersebut maka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pemahaman guru dalam hal penulisan ilmiah, (2) Penyediaan Pembimbingan Karya Ilmiah (3) Mengetahui kompetensi penyaji terkait materi penulisan karya ilmiah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru di yayasan Pondok Pesantren Darul Aminin NW Aikmual Praya Lombok Tengah. Peserta terdiri dari Guru Madrasah Tsanawiyah dan Guru Madrasah Aliyah yang berada di Yayasan PP Darul Aminin. Berdasarkan hasil kuisioner menyatakan bahwa 82% peserta menginginkan pembimbingan terstruktur, materi yang disajikan memenuhi kriteria yang dibutuhkan sebanyak 84% dan penyaji memiliki kemampuan profesional sebesar 99%. Direncanakan untuk mengadakan kelas virtual menggunakan LMS moodle UNRAM sebagai langkah tindak lanjut kegiatan ini.

Referensi

Anonim. 2020. Panduan Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2020. Universitas Mataram.

Anonim. 2019. Buku 4 Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Edisi Revisi 2019. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Dian W. Kurniawidi, Siti Alaa’, Susi Rahayu, I Wayan Sudiarta. 2015. Workshop Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru SMP se-Kecamatan Labuapi Lombok Barat. Laporan Pengabdian. Dibiayai Dana BOPTN. Universitas Mataram: Mataram NTB.

Juknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru, dikutip dari Kepmendikbud No.02/O/1995: 44-45).

Kunandar, 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : PT. Rajawali Pers

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Angka Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Tanjung, H. B. N. & Ardial, H. 2010. Pedoman penulisan karya ilmiah dan mempersiapkan diri menjadi penulis artikel ilmiah. Jakarta: Prenada Media Group.

Wardhani, I.G.A.K. dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka

Biografi Penulis

Dian W. Kurniawidi, Universitas Mataram

Teguh Ardianto, Universitas Mataram

Syamsuddin Syamsuddin, Universitas Mataram

I Wayan Sudiarta, Universitas Mataram

L. Sahrul Hudha, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).