Program Pengembangan Produk Kewirausahaan Yang Berbahan Dasar Pisang (Sate Pisang Varian Rasa) Di Desa Tangga Kecamatan Monta Kab. Bima NTB

Putri Rezeki Amelia, Ahmad Raksun

Sari


Desa Tangga termasuk salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Monta Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Desa tangga merupakan pusat Kecamatan Monta dimana bangunan-bangunan umum kecamatan Monta berada di Desa Tangga seperti, Rumah Sakit, Bank, Kantor Camat, KUA, dll. Desa Tangga Kecamatan Monta memiliki jumlah penduduk dengan KK 980 orang yang terdir terdiri dari laki-laki: 1897 jiwa, perempuan 1997 jiwa, sebagian besar dari jumlah masyarakat berprofesi sebagai petani, peternak, PNS dan buruh tani, sebagianya lagi tidak bekerja. Desa Tangga merupakan salah satu Desa penghasil pisang terbesar di Kecamatan monta, Hal ini yang perlu mendapat sorotan dan perhatian kami dari Universitas Mataram untuk segera memberi solusi yaitu solusi di bidang sosial dan ekonomi kemasyarakatan. Solusi dibidang ekonomi antara lain warga masyarakat di desa Tangga mendapat hasil yang lebih baik dari pengolahan pisang sebelumnya yaitu dengan cara menggoreng dan merebus menjadi berbagai macam cemilan enak dan sehat seperti sate pisang, pisang keju, kripik pisang, brongko, dan aneka cemilan lainnya yang harganya lebih mahal. Langkah yang diambil adalah memberikan mereka pengetahuan dan mengajarkan serta melatih mereka untuk mengolah pisang tersebut untuk di jadikan beberapa menu cemilan yang enak, sehat dan berdaya jual tinggi.


Kata Kunci


Pisang, Aneka Cemilan, Sate Pisang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alexius Endy Budianto, Eris dianawati, Didik iswahyudin (2019) Penerapan Program Pengembangan Kewirausahaan Pada Mahasiswa (Tenant) di Universitas Kanjuruhan malang: kurmawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Budijanto, S. 2016. Dukungan iptek bahan pangan pada pengembangan tepung lokal. Jurnal Pangan, 18(2), 55-67.

Dedi Rohaendi. 2009. Memproduksi Kerupuk Sangria.Gramedia Pustaka Utama.

Farida Nur Kumala, Muhammad Nur Hudha, Sudi Dul Aj. (2019) Pelatihan Pemasaran Produk Olahan Telo Ungu Di Desa Wonosari Kecamatan Wonosari Gunung Kawi Kabupaten Malang:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Jupri, A., Ahydi. H., Rozi, T & Nurhasanah. (2020) Pengenalan Ddiverifikasi Pengolahan Air Nira Menjadi Gurla Aren dan Gula Semut Serta Berbagai Aneka Rasa Minuman Di Desa Langko Kecamatan Lingsar Lombok Barat: Jurnal pendidikan Magister pendidikan IPA 3(2)

Matematika & Sains. Hal. 50 – 60.

Panduan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Edisi X 2016, DP2M Dikti Jakarta.

Qomariah, N. 2016. Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pengembangan “Soft Skill Pembuatan Krupuk Samiler dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 1 (2).

Ria arifianti, Mohammad Benny alexsandri, Lina Auliana,. (2018) Pemetaan Aktivitas Bisnis Kreatif Di Kecamatan Andir: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Rusdi, B., IT. Maulana, dan R.A. Kodir. 2013. Analisa Kualitas Tepung Ampas Tahu. Jurnal

Substitusi Tepung Ampas Tahu Terhadap Kualitas Cookies. E-Journal Home Economic and Tourism, 4 (3).

Suhartini, S. Dan N, Hidayat 2005. Aneka OlahanAmpas Tahu. Cetakan I. Surabaya. Trubus Agrisarana. Suharto, 2011. Teknologi Pengawetan Pangan.

Sunartiningsih, Agnes. 2004. Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Institusi Lokal. Aditya Media;Yogyakarta.

Suparjan dan Hempri Suyatno. 2003. Pengembangan Masyarakat, Pembangunan sampai Pemberdayaan. Aditya Media : Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.571

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA terindeks pada: