Program Pengembangan Produk Kewirausahaan Yang Berbahan Dasar Pisang (Sate Pisang Varian Rasa) Di Desa Tangga Kecamatan Monta Kab. Bima NTB

Penulis

Putri Rezeki Amelia , Ahmad Raksun

DOI:

10.29303/jpmpi.v3i2.571

Diterbitkan:

2021-01-13

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2020): .

Kata Kunci:

Pisang, Aneka Cemilan, Sate Pisang

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Amelia, P. R., & Raksun, A. (2021). Program Pengembangan Produk Kewirausahaan Yang Berbahan Dasar Pisang (Sate Pisang Varian Rasa) Di Desa Tangga Kecamatan Monta Kab. Bima NTB. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.571

Abstrak

Desa Tangga termasuk salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Monta Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Desa tangga merupakan pusat Kecamatan Monta dimana bangunan-bangunan umum kecamatan Monta berada di Desa Tangga seperti, Rumah Sakit, Bank, Kantor Camat, KUA, dll. Desa Tangga Kecamatan Monta memiliki jumlah penduduk dengan KK 980 orang yang terdir terdiri dari laki-laki: 1897 jiwa, perempuan 1997 jiwa, sebagian besar dari jumlah masyarakat berprofesi sebagai petani, peternak, PNS dan buruh tani, sebagianya lagi tidak bekerja. Desa Tangga merupakan salah satu Desa penghasil pisang terbesar di Kecamatan monta, Hal ini yang perlu mendapat sorotan dan perhatian kami dari Universitas Mataram untuk segera memberi solusi yaitu solusi di bidang sosial dan ekonomi kemasyarakatan. Solusi dibidang ekonomi antara lain warga masyarakat di desa Tangga mendapat hasil yang lebih baik dari pengolahan pisang sebelumnya yaitu dengan cara menggoreng dan merebus menjadi berbagai macam cemilan enak dan sehat seperti sate pisang, pisang keju, kripik pisang, brongko, dan aneka cemilan lainnya yang harganya lebih mahal. Langkah yang diambil adalah memberikan mereka pengetahuan dan mengajarkan serta melatih mereka untuk mengolah pisang tersebut untuk di jadikan beberapa menu cemilan yang enak, sehat dan berdaya jual tinggi.

Referensi

Alexius Endy Budianto, Eris dianawati, Didik iswahyudin (2019) Penerapan Program Pengembangan Kewirausahaan Pada Mahasiswa (Tenant) di Universitas Kanjuruhan malang: kurmawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Budijanto, S. 2016. Dukungan iptek bahan pangan pada pengembangan tepung lokal. Jurnal Pangan, 18(2), 55-67.

Dedi Rohaendi. 2009. Memproduksi Kerupuk Sangria.Gramedia Pustaka Utama.

Farida Nur Kumala, Muhammad Nur Hudha, Sudi Dul Aj. (2019) Pelatihan Pemasaran Produk Olahan Telo Ungu Di Desa Wonosari Kecamatan Wonosari Gunung Kawi Kabupaten Malang:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Jupri, A., Ahydi. H., Rozi, T & Nurhasanah. (2020) Pengenalan Ddiverifikasi Pengolahan Air Nira Menjadi Gurla Aren dan Gula Semut Serta Berbagai Aneka Rasa Minuman Di Desa Langko Kecamatan Lingsar Lombok Barat: Jurnal pendidikan Magister pendidikan IPA 3(2)

Matematika & Sains. Hal. 50 – 60.

Panduan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Edisi X 2016, DP2M Dikti Jakarta.

Qomariah, N. 2016. Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pengembangan “Soft Skill Pembuatan Krupuk Samiler dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 1 (2).

Ria arifianti, Mohammad Benny alexsandri, Lina Auliana,. (2018) Pemetaan Aktivitas Bisnis Kreatif Di Kecamatan Andir: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Rusdi, B., IT. Maulana, dan R.A. Kodir. 2013. Analisa Kualitas Tepung Ampas Tahu. Jurnal

Substitusi Tepung Ampas Tahu Terhadap Kualitas Cookies. E-Journal Home Economic and Tourism, 4 (3).

Suhartini, S. Dan N, Hidayat 2005. Aneka OlahanAmpas Tahu. Cetakan I. Surabaya. Trubus Agrisarana. Suharto, 2011. Teknologi Pengawetan Pangan.

Sunartiningsih, Agnes. 2004. Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Institusi Lokal. Aditya Media;Yogyakarta.

Suparjan dan Hempri Suyatno. 2003. Pengembangan Masyarakat, Pembangunan sampai Pemberdayaan. Aditya Media : Yogyakarta

Biografi Penulis

Putri Rezeki Amelia, Universitas Mataram

Ahmad Raksun, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).