Penyuluhan Strategi Konservasi dan Pengembangan Ekowisata Mangrove di Desa Mertak Sebagai Daerah Penyangga KEK Mandalika Lombok Tengah

Lalu Zulkifli, Abdul Syukur, Agil Al Idrus, Mahrus Mahrus

Sari


Desa Mertak adalah desa pantai yang memiliki potensi wisata alam dan masuk dalam wilayah pengembangan ekonomi khusus Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah. Untuk meningkatkan peran serta Masyarakat Desa Mertak Maka Tim Pengabdian menginisiasi Program pengabdian pada masyarakat yang terkait langsung dengan pemberdayaan potensi wisata alam di Desa Mertak khususnya pengembangan areal pantai Dusun Semunduk. Berkaitan dengan hal diatas tim pengabdian melakukan sosialisasi dan strategi konservasi dan pengelolaan hutan mangrove dengan Metode ceramah dan diskusi yang dilanjutkan dengan kegiatan penanaman mangrove. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa Pelaksanaan program pengabdian masyarakat di Dusun Semunduk dan Dusun Mertak Desa Mertak, Kecamatan Pujut Lombok Tengah telah berhasil dilakukan dengan baik. Hal ini terlihat dari antusias anggota masyarakat pada saat ceramah dan diskusi. Pada saat tahap penanaman bibit juga mereka bergotong royong melakukan penanaman sesuai dengan yang diarahkan Tim pengabdian. Diharapkan pengabdian ini dapat memberikan pengetahuan dan memberikan pemahaman dan keterampilan kepada masyarakat lokal bahwa Desa Mertak memiliki peran penting sebagai penyangga KEK Mandalika di masa yang akan datang.

Kata Kunci


Konservasi Mangrove; Ekowisata; KEK Mandalika; Desa Mertak.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditama, F. A., & Husni, S. (2019). Pengelolaan Objek Wisata Pantai Bumbang Berbasis Masyarakat di Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Warta Desa, 1(2).

Idrus, A. A., Syukur, A., & Zulkifli, L. (2019). The diversity of fauna in mangrove community: Success replanting of mangroves species in South Coastal East Lombok, Indonesia. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1402, No. 3, p. 033042). IOP Publishing.

Idrus, A. A., Syukur, A., & Zulkifli, L. (2019, December). The livelihoods of local communities: Evidence success of mangrove conservation on the coastal of East Lombok Indonesia. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2199, No. 1, p. 050010). AIP Publishing LLC.

Kecamatan Pujut dalam Angka 2019.




DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.574

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA terindeks pada: