Kegiatan Mengajar Di Desa Gebang Baru Kecamatan Mataram Kelurahan Pagesangan Timur

Yundia Pratiwi Nengsi, Agil Al Idrus

Sari


Pandemi Covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional. Maka diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Dengan adanya kebijakan pemerintah untuk belajar dirumah secara daring, maka peran yang biasanya dilaksanakan oleh satuan pendidikan, sekarang telah berganti fungsi di satuan keluarga, Artinya saat ini rumah menjadi pusat kegiatan bagi semua anggota keluarga terutama orang tua. Namun ada kendala yang dialami orang tua dalam mendampingi anak belajar dirumah meliputi kurangnya pemahaman materi oleh orang tua, kesulitan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak, tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak karena harus bekerja, orang tua tidak sabar dalam mendampingi anak saat belajar dirumah. Dalam pelaksanaan daring ini ternyata orang tua memiliki banyak kendala dalam mendampingi anak belajar dirumah. Penulis melakukan pengabdian pada masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Era New Normal ini. Kegiatan yang dilakukan dengan metode Mengajar di Kelurahan Pegesangan Timur telah terlaksana dengan baik tanpa kendala dikarenakan anak-anak sangat antusias dalam membantu terlaksananya program belajar-mengajar ini. Pelaksanaan Kegiatan Mengajar ini di desa Pegesangan Timur dengan tujuan membantu para orang tua siswa juga untuk memotivasi para peserta didik untuk lebih giat belajar dan mengerjakan tugas-tugas dari sekolah dengan semangat dan benar. Motivasi yang kami berikan yaitu dengan metode belajar yang menyenangkan yaitu belajar sambil bermain. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para peserta didik karena dengan adanya bimbingan belajar ini memberikan motivasi belajar lebih giat serta membantu para peserta didik untuk menyelesaikan tugas-tugas dari sekolah. Selain itu membantu peserta didik untuk mengahadapi ujian semester.

Kata Kunci


Kendala orang tua; Masa pandemi; Bimbingan belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010, Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaandan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Dewintaprasti. 2012. Manfaat Dari Bimbel. Diunduh dari http://dewintaprasti. wordpress.com Tanggal 6 Desember 2020.

Idris, Zahara dan Lisman Jamal. 1992. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Gramedi Widiasarana Indonesia

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Winkel. 1996. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli. Diunduh dari http://www.anneahira.com Tanggal 6 Desember 2020.




DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.586

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA terindeks pada: