Pengembangan Yayasan Rumah Ilmu Melalui Penambahan Program Pembelajaran Dan Pengaplikasian Metode Pembelajaran Fun Learning di Desa Nijang

Nilam Sari, Agil Al Idrus

Sari


Bidang pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang terkena dampak Covid-19. Siswa, orang tua siswa, serta lembaga-lembaga pendidikan pun merasakan langsung dampak dari adanya pandemi covid-19 ini. Yayasan Rumah Ilmu yang ada di Desa Nijang merupakan salah satu lembaga pendidikan non profit yang berhenti beroperasi dimasa pandemi ini. Melalui kegiatan KKN Era New Normal Universitas Mataram, salah satu tim KKN Universitas Mataram melalui program Mengajar di Desa bertujuan untuk mengaktifkan serta mengembangkan kembali Yayasan Rumah Ilmu melalui penambahan program pembelajaran dan pengaplikasian metode pembelajaran fun learning. Metode dalam penelitian ini dibagi dalam tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Dalam pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan selama 45 hari sejak tanggal 25 November hingga 6 Januari, Yayasan Rumah Ilmu mampu menarik serta meningkatkan kembali minat belajar anak-anak di Desa Nijang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengaktifan dan pengembangan Yayasan Rumah Ilmu berhasil dilaksanakan hal ini dibuktikan dengan keikutsertaan anak-anak SD sampai SMP dengan antusiasme yang luar biasa dalam mengikuti kegiatan pembelajarn program-program pembelajaran baru dengan metode pembelajaran fun learning.


Kata Kunci


Pengembangan; Fun learning; Program pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aji, R. H. S. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i.

Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non-alam.

Syahid, A. A. 2019. Gembira bersekolah : memaknai fun learning di sekolah dasar. Conference Series Journal.




DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.589

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA terindeks pada: