Pengelolaan Sampah Plastik Menjadi Produk Bernilai Jual Tinggi di Desa Tuananga Pada Era New Normal

Penulis

Ida Zuraidah , Isnaini Isnaini , Resiana Resiana , Venny Malinda , Agil Al Idrus

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.590

Diterbitkan:

2021-01-18

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

Daur ulang, Sampah plastic

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Zuraidah, I., Isnaini, I., Resiana, R., Malinda, V., & Idrus, A. A. (2021). Pengelolaan Sampah Plastik Menjadi Produk Bernilai Jual Tinggi di Desa Tuananga Pada Era New Normal. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.590

Abstrak

Jumlah timbulan sampah domestik di Kabupaten Sumbawa Barat pada tahun 2018 sebesar 43.556,81Kg/per-hari (Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB, 2018). Desa Tuananga merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat, tepatnya di kecamatan Poto Tano. Desa Tuananga terletak di pedalaman sekitar pesisir pantai dan jauh dari jalan raya sehingga mempersulit truk pengangkut sampah masuk ke Desa Tuananga, yang menyebabkan sampah terus menumpuk di tempat pembuangan akhir yakni sungai. Hal ini mendorong penulis menjalankan program daur ulang sampah plastik untuk dijadikan barang yang berguna dan bernilai jual melalui program Kampung Lestari sebagai salah satu kegiatan dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram. Produk yang kami hasilkan adalah meja belajar dan pot bunga yang berbahan dasar Plastik bekas. Bahan-bahan yang digunakan untuk memproduksi meja belajar dan pot antara lain: sampah plastik, resin, katalis, pipa besi, dan baut. Alat-alat yang digunakan antara lain: panci, kompor, cetak produk, dan pengaduk. Lokasi pembuatan produk terletak di Desa Tuananga Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB dan lokasi pemasaran produk antara lain: Desa Tuananga, Pasar Seteluk, dan Buen Telu. Harga dari produk ini sangat terjangkau oleh kalangan yang ekonominya rendah. Strategi yang digunakan dalam pemasaran atau promosi produk secara online dengan menggunakan sosial media berupa Facebook dan endorse.

Referensi

Kementerian Pekerjaan Umum. (2010). Modul Pengolahan Sampah Berbasis 3R. Badan Penelitian Dan Pengembangan - Pusat Penelitian Dan Pengembangan Permukiman.

Paeno, Kasmad Dkk. 2020. Pemanfaatan Sampah Plastik Untuk Kerajinan Rumah Tangga Taman Belajar Kreatif Mekar Sari. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat : Vol. 2 Nomor 1. Halaman 57-61 https://dislhk.ntbprov.go.id/2020/10/21/data -perkiraan-timbulan-sampah-provinsi-ntb/ diakses pada 5 Januari 2021

Biografi Penulis

Ida Zuraidah, Universitas Mataram

Isnaini Isnaini, Universitas Mataram

Resiana Resiana, Universitas Mataram

Venny Malinda, Universitas Mataram

Agil Al Idrus, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).