Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Quran Anak-anak Melalui Kegiatan Taman Pendidikan Al-Quran di Desa Nijang Kabupaten Sumbawa Besar

Penulis

Napiah Napiah , Agil Al Idrus

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.591

Diterbitkan:

2021-01-18

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

Meningkatkan hafalan al-Quran, Metode fun learning

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Napiah, N., & Idrus, A. A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Quran Anak-anak Melalui Kegiatan Taman Pendidikan Al-Quran di Desa Nijang Kabupaten Sumbawa Besar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.591

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Menghafalkan al-Quran merupakan aktivitas suatu proses menempatkan informasi kedalam memori ingatan. Menghafal al-Quran tentunya tidak serta merta di mulai tanpa melalui proses pembelajaran dasar-dasar al-Quran. Memplajari al-Quran tentunya di awali dengan mengenal huruf- huruf sampai pada kemampuan membaca al-Quran dengan tajwidnya. Untuk menciptakan generasi anak yang cinta terhadap al-Quran tentunya al-Quran di awali dengan anak-anak. Tujuan memperkenalkan al-Quran kepada anak-anak tidak lain untuk mencintai al-Quran, terbiasa membaca al-Quran, menerapkan bacaan al-Quran bagi anak-anak dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan ialah metode fun learning dan metode demonstrasi. Dengan meningkatkan hafalan al-Quran anak di masa mendatang mampu menciptakan generasi yang cinta terhadap al-Quran.

Referensi

Indra Kaswara. 2017. Pengelolaan pembelajaran Tahfidzul Quran di Pondok Pesantren Al Husain Magelang. Jurnal Hanata Wijaya. Universitas Negeri Yogyakarta. Vol 6 nomor 2.

Purwanto, 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rasdakarya.

Leni Layyinah. 2017. Menciptakan Pembelajaran fun learning based on scientific dalam pembentukan karakter peserta didik pada pembelajaran pai. Tarbawy. Vol,4, nomor 1.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda karya.

Darmasya. 2011. Strategi Pembelajaran dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara

Djamara, S.B. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Maerani Agustina dkk. 2020. Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Quran Santri Pondok Pesantren Ar Rahman Curup. Didaktika:jurnal Pendidikan. Vol. 14 no 1.

Susianti, C. 2017. Efektivitas Metode Talaki Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 68-78.

Biografi Penulis

Napiah Napiah, Universitas Mataram

Agil Al Idrus, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).