Penggunaan Metode Permainan Kartesius Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dasar Anak Usia 6-12 Tahun di Kecamatam Sape

Rini Andriani, Nurkomariah Nurkomariah, Nurjariati Fadilah, I Gde Mertha

Sari


Permaianan merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan pembelajaran yang bernuansa aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Bermain dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk memahami dunia, berinteraksi dengan anak lain, mengekspresikan dan mengendalikan emosi, dan mengembangkan kemampuan simbolik sehingga anak aktif membangun pengetahuannya.  Perkembangan anak semakin maju jika anak memiliki kesempatan untuk praktik keterampilan-keterampilan yang diperolehnya. Bermain akan banyak melibatkan anak dalam berbagai aktivitas, sehingga konsep-konsep yang diajarkan dapat ditangkap dengan cepat dan mampu bertahan dalam memori anak. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan dasar anak-anak usia 6-12 tahun dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan menggunakan metode permainan bidang kartesius. Kegiatan ini menggabungkan 3 bidang ilmu yaitu IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris, dimana Matematika digunakan sebagai media metode permainan bidang kartesius, sedangkan IPA dan Bahasa Inggris menampilkan kumpulan soal disetiap titik pada bidang kartesius. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan penggunaan metode permainan bidang kartesius sangat baik untuk meningkatkan pengetahuan dasar anak karena anak-anak bisa lebih intrekatif. Dengan pembelajaran seperti ini siswa atau anak-anak dapat melaksanakan pembelajaran dengan serius namun menyenangkan serta dapat menghilangkan kejenuhan pada saat pembelajaran karena dalam metode (permainan) ini seluruh siswa atau anak-anak dapat ikut aktif pada setiap permainan yang diadakan.


Kata Kunci


Metode Permainan; Bidang Kartesius; Pengetahuan Dasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amiran, Salmon. 2016. Efektifitas Penggunaan Metode Bermain Di Paud Nazareth Oesapa. Jurnal Pendidikan Anak 5 (1): 710-716.

Bujuri, Dian Adesta. 2018. Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam kegiatan Belajar mengajar. Jurnal Literasi IX (1): 37-50.

Mardiah. 2015. Metode Permainan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Mitra PGMI 1 (1): 61-77.

Sahrul dan Kadir. 2014. Pengaruh Pengetahun Dasar Matematika dan Disposisi Matematik Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Limit Fungsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika 2 (2): 151-168.

Wikipedia. 2020. Sistem Koordinat Kartesius. Diakses melalui https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_koordinat_Kartesius




DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.592

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA terindeks pada: