Coaching Online Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Sekolah Dasar

Penulis

Qurnia Indah Permata Sari

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.595

Diterbitkan:

2021-01-25

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

Pendidikan jarak jauh, Pelatihan online, Covid-19

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sari, Q. I. P. (2021). Coaching Online Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.595

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberlakukan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) untuk mencegah semakin bertambahnya penularan virus di sekolah. Ketimpangan akses internet dan masalah Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi permasalahan utama pada pemberlakuan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Oleh karena itu diperlukan pelatihan online Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi Guru Sekolah Dasar untuk mempelancar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Tujuan penulisan essay ini untuk menjelaskan peran generasi muda dalam membantu masyarakat yang terdampak dari pandemi Covid-19 khususnya dari sektor pendidikan yaitu guru sekolah dasar. Manfaat dari penulisan artikel ini adalah untuk menginspirasi generasi muda dalam membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh bangsa Indonesia terutama dalam pelaksanaan pembelajaran daring.

Referensi

CNN Indonesia. (2020). Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Tak Mundur, Tetap 13 Juli 2020. Diakses pada : https://www.cnn indonesia.com/nasional/20200609112824-20-511320/kemendikbud-tahun-ajaran-baru -tak-mundur-tetap-13-juli-2020, pada tanggal: 19 Oktober 2020, pukul: 20.29

Bona, M. (2020). Hanya 8% Guru yang Paham Gawai untuk Pembelajaran Daring Diakses pada: https://www.beritasatu.com/elvira-anna-siahaan/nasional/626343/hanya-8-guru-yang-paham-gawai-untuk-pembelajar an-daring, pada tanggal: 19 Oktober 2020, pukul: 19.08

Biografi Penulis

Qurnia Indah Permata Sari, Universitas Brawijaya, Malang

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).