Penggunaan Mendeley dan Endnote dalam Menyisipkan Sitasi

Penulis

Fitri Maya Puspita , Sisca Octarina , Evi Yuliza , Indrawati Indrawati , Ayu Wulandari , Diyaz Rachmaningtyas

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.598

Diterbitkan:

2021-01-22

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

Karya Ilmiah, Mendeley, EndNote, Sitasi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Puspita, F. M., Octarina, S., Yuliza, E., Indrawati, I., Wulandari, A., & Rachmaningtyas, D. (2021). Penggunaan Mendeley dan Endnote dalam Menyisipkan Sitasi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.598

Abstrak

Penulisan karya ilmiah bukan merupakan hal yang baru dalam dunia akademik. Karya ilmiah yang ditulis dapat berupa artikel, makalah, skripsi, tesis, disertasi, maupun jurnal. Penelitian pendukung, sumber teori, dan sumber bacaan sangat diperlukan dalam penulisan, sehingga jika ingin disadur atau disitasi dalam tulisan maka perlu ditulis sumbernya. Penulisan sitasi yang banyak memerlukan ketelitian dan waktu lebih, terutama dalam penyesuaian format penulisan. Hal ini menyebabkan diperlukannya software untuk menyisipkan sitasi. Mendeley dan EndNote adalah software yang dapat dipakai untuk menyisipkan sitasi dalam penulisan ilmiah. Permasalahannya banyak pengguna yang belum paham akan penggunaan kedua jenis software ini. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan penggunaan Mendeley dan EndNote dalam menyisipkan sitasi. Kegiatan ini dilakukan secara daring menggunakan platform Zoom Meeting, dengan jumlah peserta 225 orang tersebar dari seluruh Indonesia. Hasil post-test menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman sebesar 70% dari semua peserta dalam menerapkan penggunaan software Mendeley dan EndNote. Kegiatan ini sangat bermanfaat jika dilaksanakan secara lebih intensif kepada pelaku akademik.

Referensi

Bhoi, N.K. 2018. Mendeley Data Repository as a platform for Research Data Management. Marching Beyond Libraries: Managerial Skills and Technological Competencies, 481-487.

Chotimah, U. 2009. Karya tulis ilmiah sebagai salah satu karya pengembangan profesi guru. https://www.academia.edu/download/33134441/2._Makalah_Karya_Tulis_Ilmiah-UC.pdf diakses tanggal 25 Oktober 2020

Costanza, M., Maxwell, A., Wright, C., and Bertollini, M.E. 2015. What is Scientific Writing? https://sites.middlebury.edu/middsciwriting/overview/ diakses tanggal 27 November 2020

Lombardo, R. 2020. The Basics of Scientific Writing. https://www.unl.edu/gradstudies/connections/scientific-writing diakses tanggal 20 November 2020

Syaefullah, A. 2015. Prinsip Dasar Penyusunan & Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Grasindo.

Woodward, C. M. & House, A. 2019. What is EndNote? https://www.dummies.com/education/what-is-endnote/ diakses tanggal 25 November 2020

Biografi Penulis

Fitri Maya Puspita, Universitas Sriwijaya

Sisca Octarina, Universitas Sriwijaya

Evi Yuliza, Universitas Sriwijaya

Indrawati Indrawati, Universitas Sriwijaya

Ayu Wulandari, Universitas Sriwijaya

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).