Pendampingan Pengembangan Komoditas Hortikultura Unggulan di Dataran Medium Desa Stiling, Lombok Tengah

Penulis

M. Sarjan , Aluh Nikmatullah , Mery Windarningsih , Agus Purbatin Hadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.644

Diterbitkan:

2021-03-23

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Komoditas Unggulan, Dataran medium, Desa Stiling

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sarjan, M., Nikmatullah, A., Windarningsih, M., & Hadi, A. P. (2021). Pendampingan Pengembangan Komoditas Hortikultura Unggulan di Dataran Medium Desa Stiling, Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.644

Abstrak

Di wilayah Lombok Tengah sudah mengembangkan berbagai tanaman buah, holtikultura dan beberapa tanaman unggulan lokal di dataran rendah . Sementara dataran medium yang mempunyai kekhasan tersendiri belum dikembangkan terutama untuk budidaya tanaman tertentu seperti kentang, wortel , paprika, bawang putih dan mentimun jepang yang sementara ini hanya ditanaman di dataran tinggi Sembalun. Oleh karena itu pada kegiatan ini dilakukan pendampingan budidaya tanaman tersebut di dataran medium Stiling , Kecamatan Batukeliang Utara, Lombok tengah . Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah metode action riset dengan melibatkan kelompok tani selama kegiatan yang diawali dengan penyukluhan teknisk budidaya , dilanjutkan dengan kegaiatn demplot penanaman kentang, wortel, paprika , bawang putih dan mentimun jepang. Hasil pendampingan ini menunjukan Kegiatan Pendampingan  Pengembangan Komoditas Hortikultura di dataran Medium Desa Stiling, Lombok Tengah sangat didukung oleh pemangku Kebijakan , Kepala Dinas Pertanian dan oleh Kelompok Tani setempat. Tanaman Kentang, wortel, bawang putih, paprika dan mentimun jepang  dapat tumbuh baik di dataran medium Stiling, Lombok Tengah. Petani peserta telah  mendapatkan pengetahuan dan keterampilan   teknik budidaya tanaman yang dicoba pada kegiatan ini yaitu budidaya kentang, wortel, bawang putih, mentimun jepang dan paprika. Untuk meningkatkan hasil guna dari pendampingan ini disarankan  perlu dukungan yang pendampingan dari pihak pemda Lombok Tengah agar kegiatan pengembangan komoditas hortikultura unggulan dataran medium dapat  berlanjut sesuai dengan harapan para petani. Perlu mempertimbangkan saat tanam yang tepat untuk penanaman kempat komoditas yang ingin dikembangkan di lokasi kegiatan,  dan sesuai dengan karakteristi musim setempat sebaiknya memulai penanaman pada ahir musim hujan atau sekitar bulan Maret / April  Disarankan untuk memperhatikan secara serius masalah ganguan hama dan penyakit tanaman yang sering menjadi kendala dalam budidaya komoditas hortikultura ( terutama kentang ,  tumun jepang dan bawang putih) dan dilakukan pengendalian yang tepat dan efektif berdasarkan prinsip Pengelolaan Hama Terpadu.  Diharapkan hasil kegiatan ini akan meningkatkan pendapatan petani dan masyarakat sekitar, di samping untuk meningkatkan kenekaragaman homoditas hortikultura potensial di dataran medium sebagai alternative usaha tani di kawasan agrowisata Lombok Tengah . Komoditas unggulan seperti kentang, wortel dan paprika diharapkan menjadi andalan untuk dipasarkan di kawasan wisata lainnya seperti di pantai Selatan Mandalika.

Referensi

AAK. 1992. Petunjuk Praktis Bertanam Sayuran. Kanisius: Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik. 2015. Badan Pusat Statistik Indonesia. Http:// www.bps.go.id. Diakses pada [ 8 April 2015].

Abbas, Akmadi. (2007). “Karakteristik Fisik Wortel (Daucus carota L.) Terhadap Penanganan Pasca Panen dan Penerapan Quality Controlâ€. Teknik Kimia Kejuangan.13, (1), 15-18.

Ali, N.B.V., dan E., Rahayu, 2000.Wortel dan Lobak, Penebar Swadaya Jakarta.

BPSB TPH Provinsi NTB. 2015. http://diperta.ntbprov.go.id/data_base/kentang. htm. Diakses pada [8 April 2020].

Central International Potato. 1984. Potatoes for the Developing World. Lima, Peru.

Herawati, W. D. 2012. Budidya Sayuran. Javalitera. Jogjakarta.

Idawati. 2012. Pedoman Lengkap Bertanam Kentang,Langkah Mudah Budidaya Kentang dan Kiat Bisnis Olahan Kentang. Pustaka Baru Press. Jogjakarta.

Poerwanto, R. dan Susila, A.D. 2014. Seri 1 Hortikultura Tropika, Teknologi Hortikultura. Bogor. IPB Press

Rubatzky, Vincent E dan Mas Yamaguchi. 1995. Sayuran Dunia 1: Prinsip, Produksi dan

Gizi Edisi Kedua. Penerbit ITB: Bandung.

Rukmana, R. 2002.Usaha Tani Kentang Didataran Medium.Kanisius.Yogyakarta.

Setiadi dan Surya Fitri Nurulhuda. 1993. Kentang: Varietas dan Pembudidayaan. Penebar Swadaya: Jakarta.

Sembel, D. T, 2014. Serangga-serangga Hama Tanaman Pangan, Umbi dan Sayur. Bayumedia Publishing, Malang.

Sinung, R. Basuki. 1989. Production Potato in Indonesia: Prospect for Medium Altitude

Production (Eds J. W. T. Bottema et al.). CGPRT Centre, Bogor .

Wattimena, G.A. 2006. Prospek Plasma Nutfah dalam Mendukung Swasembada

Benih Kentang di Indonesia. Direktorat Perbenihan dan Sarana

Produksi. Ditjen Hortikultura, Departemen Pertanian, Jakarta.

Wibowo, S. 2007. Budidaya Bawang: Bawang Putih, Bawang Merah, Bawang Bombay. Jakarta: Penebar Swadaya.

Biografi Penulis

M. Sarjan, Universitas Mataram

Aluh Nikmatullah, Universitas Mataram

Mery Windarningsih, Universitas Mataram

Agus Purbatin Hadi, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).