Optimalisasi Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga sebagai Bahan Pupuk Organik Cair untuk Menumbuhkan Sikap dan Perilaku Peduli Lingkungan pada Siswa MTs. Haudhul Ulum Gegutu Telaga

Penulis

Ayudya Lestari , Annisa Zikri Robbia , Lalu Raftha Patech , Abdul Syukur

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.656

Diterbitkan:

2021-03-08

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Limbah, MOL, POC, nasi, Sikap dan Perilaku Peduli Lingkungan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Lestari, A., Robbia, A. Z., Patech, L. R., & Syukur, A. (2021). Optimalisasi Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga sebagai Bahan Pupuk Organik Cair untuk Menumbuhkan Sikap dan Perilaku Peduli Lingkungan pada Siswa MTs. Haudhul Ulum Gegutu Telaga. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.656

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Aktivitas rumah tangga yang tidak dikelola dengan bijak dan berakhir di tempat pembuangan sampah sering kali menimbulkan dampak terhadap beberapa aspek kehidupan, diantaranya aspek kesehatan, aspek lingkungan, dan aspek estetika. Sikap dan kepedulian masyarakat terhadap sampah menjadi perhatian dan tanggung jawab setiap lapisan masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan alam sekitar. Tujuan pengabdian ini salah satunya adalah mengenalkan pemanfaatan sampah yang mudah dan dapat dilakukan oleh masyarakat dan siswa sekolah MTs Haudhul Ulum Gegutu Telaga yang menjadi target luaran dengan cara fermentasi karena teknologi yang digunakan sangat sederhana dan biaya penanganan yang murah yaitu pengolahan limbah rumah tangga untuk menghasilkan Mikroorganisme Lokal (MOL) menjadi Pupuk Organik Cair (POC) dari limbah Nasi (Oryza sativa). Adapun metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian yaitu sosialisasi, pelatihan, dan penilaian sikap dan perilaku peduli lingkungan. Pengabdian POC ini dapat menghasilkan Pupuk Organik Cair yang bagus sesuai dengan kriteria dan juga melalui kegiatan pengelolaan limbah rumah tangga menjadi POC, diketahui siswa/i MTs. Haudhul Ulum memiliki sikap peduli lingkungan yang baik (89,5%) dan perilaku peduli lingkungan yang cukup baik (72,9%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan memberikan edukasi dan pelatihan kepada siswa mengenai cara mengolah sampah dengan bijak dapat menumbuhkan bahkan meningkatkan sikap dan perilaku peduli lingkungan.

Referensi

Arifan, F., Setyati, W. A., Broto, W., & Dewi, A. L. (2020). Pemanfaatan Nasi Basi Sebagai Mikro Organisme Lokal (MOL) Untuk Pembuatan Pupuk Cair Organik di Desa Mendongan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Jurnal Pengabdian Vokasi, 1(4), 252-255.

Kochakinezhad, H., Gh. Peyvast, A. K. Kashi, J.A. Olfati,danA. Asadii. (2012). A comparison of organik and chemical fertilizers for tomato production. J. Organik System, 7(2): 14–25.

Köse, S., Gencer, A. S., Gezer, K., Erol, G., & Bilen, K. (2011). Investigation of undergraduate students’ environmental attitudes. International Electronic Journal of environmental education, 1(2).

Masluki, M., Naim, M., & Mutmainnah, M. (2016). Pemanfaatan Pupuk Organik Cair (POC) Pada Lahan Sawah Melalui Sistem Mina Padi. Prosiding, 2(1).

Mulyono. (2016). Membuat Mikroorganisme Lokal (MOL) & Kompos dari Sampah Rumah Tangga. AgroMedia Pustaka, Jakarta.

Nisa, K. (2016). Memproduksi Kompos dan Mikro Organisme Lokal (MOL). Bibit Publisher, Depok.

Prasetyo, M. N., Sari, N., & Budiyati, C. S. (2012). Pembuatan Kecap Dari Ikan Gabus Secara Hidrolisis Enzimatis Mengunakan Sari Nanas. Jurnal Teknologi Kimia dan Industri, 1(1), 270-276.

Prasetyo, M. N., Sari, N., & Budiyati, C. S. (2012). Pembuatan Kecap Dari Ikan Gabus Secara Hidrolisis Enzimatis Mengunakan Sari Nanas. Jurnal Teknologi Kimia dan Industri, 1(1), 270-276.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2).

Rahmah, A., Izzati, M., & Parman, S. (2014). Pengaruh pupuk organik cair berbahan dasar limbah sawi putih (Brassica Chinensis L.) terhadap pertumbuhan tanaman jagung manis (Zea Mays L. Var. Saccharata). Anatomi Fisiologi, 22(1), 65-71.

Rahmah, A., Izzati, M., & Parman, S. (2014). Pengaruh pupuk organik cair berbahan dasar limbah sawi putih (Brassica Chinensis L.) terhadap pertumbuhan tanaman jagung manis (Zea Mays L. Var. Saccharata). Anatomi Fisiologi, 22(1), 65-71.

Selviana, T. E. (2019). Pengolahan Limbah Nasi Basi menjadi Pupuk Organik Cair Mikroorganisme Lokal (MOL) bagi Tanaman.

Sunarsih, L. E. (2018). Penanggulangan Limbah. Yogyakarta: Deepublish.

Biografi Penulis

Ayudya Lestari, Fakultas Pascasarjana, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).