Operasionalisasi IBM SPSS 21 untuk Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Olah Data Penelitian Mahasiswa

Penulis

Jono Irawan , A.A. Ayu Trisna Handayani , Lalu Hasan Nasirudin Zohri

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.660

Diterbitkan:

2021-03-09

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Statistika, IBM SPSS 21, Keterampilan Olah Data

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Irawan, J., Handayani, A. A. T., & Zohri, L. H. N. (2021). Operasionalisasi IBM SPSS 21 untuk Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Olah Data Penelitian Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.660

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Program pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengoperasikan program IBM SPSS 21 kepada mahasiswa sebagai alat untuk mengolah data penelitian yang baik dan benar. Kegiatan dilakukan dengan metode diskusi bebas yang dimulai dengan penyampaian materi. Objek pelatihan adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Dan Mahasiswa Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram. Data hasil angket dianalisis dengan Descriptive Statistics Explore IBM SPSS 21. Hasil analisis data pengabdian diperoleh persentase pemahaman sebesar 60,4% dan keaktifan dalam proses pembelajaran sangat tinggi dengan persentase sebesar 83,2%. Berdasrkan hasil analisis disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan operasionalisasi program IBM SPSS 21 dan meningkatkan pemahaman dan keaktifan mahasiswa dalam menerapkan penggunaan program SPSS sebagai sarana mengolah data penelitian.

Referensi

Erawanto, U. (2016). Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah untuk membantu meningkatkan berfikir kreatif mahasiswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 427-436.

Fadmi, F. R., & Zulfadlih, L. S. (2019). Pelatihan Program Statistik Spss Bagi Guru Smk Kesehatan Di Kota Kendari. Miracle Journal Of Public Health, 2(2), 162-168.

Ismail, R., & Safitri, F. (2019). Peningkatan kemampuan analisa dan interpretasi data mahasiswa melalui pelatihan program SPSS. Jurnal Masyarakat Mandiri, 3(2), 148-155.

Ismail, R., & Safitri, F. (2019). Peningkatan kemampuan analisa dan interpretasi data mahasiswa melalui pelatihan program SPSS. Jurnal Masyarakat Mandiri, 3(2), 148-155.

Nainggolan, E., Mariah, S., & Kurniawan, F. (2017). Internalisasi Asumsi Pembelajaran Andragogi Pada Mata Kuliah Statistik. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 15(1).

Panjaitan, D. J., & Firmansyah. (2018). Pelatihan Pengolahan Data Statistik dengan Menggunakan SPSS. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 1(1), 40.

Pasaribu, F. T., Multahadah, C., Febrianti, A., & Asiani, R. W. (2018). Pelatihan peningkatan kemampuan analisis data penelitian menggunakan software SPSS bagi pemuda RT. 14 Perumnas Aurduri Indah Kota Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 62-69.

Rosana, D., & Setyawarno, D. (2016). Statistik terapan untuk penelitian pendidikan. Yogyakarta. Suherman, U.(2010). Konseling karir sepanjang rentan kehidupan. Bandung: UPI.

S. Yusuf, N. (2009). Penggunaan Software SPSS untuk Anlaisis Faktor Daya Beli Listrik pada Sektor Rumah Tangga dengan Metode Regresi Linear Berganda (Studi kasus Kota Salatiga). Simposium Nasional Rapi VIII. ISSN 1412-9612.

Sudjana (1992). Metode Statistik. Tarsito Bandung.

Suharsimi, A. (2006). metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Syaleh, H. (2020). Pelatihan Program Statistic Product and Service Solution (SPSS) bagi Mahasiswa dan Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi H. Agus Salim Bukittinggi. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 1(1), 14-21.

Wijaya, T. (2020). Peningkatan Kemampuan Pengolahan Data Melalui Pelatihan Statistik dan Aplikasi Program SPSS bagi Guru-Guru SMA di DIY. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 31-35.

Biografi Penulis

Jono Irawan, Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram

A.A. Ayu Trisna Handayani, Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram

Lalu Hasan Nasirudin Zohri, Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).