Penanaman Nilai Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan di Pondok Pesantren Al-Istiqomah Telagawaru

Penulis

Kumala Ratna Dewi , Priyo Hartanto , Ainun Jariah , Jamaluddin Jamaluddin

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.661

Diterbitkan:

2021-03-08

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Pendidikan Lingkungan Hidup, Literasi Lingkungan.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Dewi, K. R., Hartanto, P., Jariah, A., & Jamaluddin, J. (2021). Penanaman Nilai Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan di Pondok Pesantren Al-Istiqomah Telagawaru. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.661

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Literasi lingkungan merupakan kemampuan individu dalam memahami dan menafsirkan kondisi lingkungan, dari hasil pemahaman dan penafsiran tersebut maka individu dapat memutuskan tindakan yang tepat dalam mempertahankan, memulihkan serta meningkatkan kondisi lingkungaan hidup. Perkembangan teknologi berupa gadget memberikan pengaruh negatif terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami literasi lingkungan hidup. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode deskriptif pemberian instrument pretest-posttest untuk mengetahui tingkat pemahaman literasi lingkungan peserta didik di Ponpes Al-Istiqomah Telagawaru. Sosialisasi dan diskusi yang dilakukan memperlihatkan perbedaan signifikan terhadap pengetahuan peserta didik sebelum diberikan materi dan sesudah diberikan materi, hasil post-test pada item kepedulian terhadap lingkungan rata-rata sebesar 4,12 dikategorikan “Baik†sedangkan nilai literasi lingkungan item pengetahuan tentang lingkungan hidup, penerapan pengetahuan lingkungan hidup dan karya dalam pengelolaan lingkungan hidup rata-rata post-test sebesar 4,7 dikategorikan “Sangat Baikâ€

Referensi

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Mayenti, Fitra dan Sunita, Indiana. 2018. Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan anak Usia Dini di PAUD dan TK Taruna Islam Pekanbaru. Jurnal Photon. 9(1): 208-213

McBeth, William dan Volk, Trudi. 2010. The National Environmental Literacy Project: A Baseline Study of Middle Grade Students in the United States. Journal of Environmental Education. 41(1).

North American Association for Environmental Education. 2011. Developing a framework for assessing environmental literacy: Executive summary. Washington, DC: Author.

Pratikno, A. S., & Sumantri, S. (2020). Digital Parenting: Bagaimana Mencegah Kecanduan Gadget Pada Anak. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 107-123.

Ragil, D. R. A., & Sodikin, S. (2020). Hubungan Peran Pengawasan Orang Tua Dan Kecanduan Gadget Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Sekolah di SD Negeri 1 Pamijen Sokaraja. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah.

Sulistyiorini, R. (2020). Alternatif Penanganan Permasalahan Infrastruktur Kebutuhan Air Bersih di Kota Bandar Lampung Melalui Rain Water Harvesting. Jurnal Sinergi, 1(1), 18-24.

Yaqinah, S. N. (2020). Implementasi Dakwah Berbasis Lingkungan Hidup Di Pondok Pesantren Nurul Haramain Narmada Lombok Barat. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 25(1), 178-217.

Yanti, F. (2013). Analisis Literasi Lingkungan Hidup Peserta didik Pada Mata Kuliah Ilmu Pengetahuan Lingkungan Program Studi Pendidikan Biologi Fkip Universitas Riau Tahun Akademis 2011/2012

Biografi Penulis

Kumala Ratna Dewi, UNIVERSITAS MATARAM

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).