pelatihan penggunaan aplikasi chemlab sebagai alternatif praktikum untuk meningkatkanketerampilan proses sains siswa SMAN 3 Lembar

Penulis

Samsul Hadi , Hermansyah Hermansyah , Jamaluddin Jamaluddin

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.663

Diterbitkan:

2021-03-10

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Pembelajaran Kimia, Praktikum, Laboratorium Virtual (Chemlab)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Hadi, S., Hermansyah, H., & Jamaluddin, J. (2021). pelatihan penggunaan aplikasi chemlab sebagai alternatif praktikum untuk meningkatkanketerampilan proses sains siswa SMAN 3 Lembar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.663

Abstrak

Pembelajaran kimia tidak bisa dilepaskan dari kegiatan eksperimen atau percobaan ilmiah karena eksperimen kimia di laboratorium sekolah menjadi salah satu cara bagi siswa untuk memperoleh pemahaman makroskopis secara langsung terhadap ilmu kimia Laboratorium virtual berperan penting sebagai media yang dapat digunakan dalam menunjang dan mengantisipasi keterbatasan pada laboratorium nyata. kegiatan pengabdian ini bertujuan memberi pengetahuan keterampilan bagi siswa dalam pembelajaran praktikum kimia dengan mengaplikasikan program virtual berbantuan computer sebagai upaya alternatif menanggulangi keterbatasan laboratorium ril di sekolah. Peserta pelatihan adalah siwa kelas  X di SMAN 3 Lembar Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini berupa simulasi, praktek dan pendampingan. Hasil kegiatan yang dicapai melalui kegiatan ini adalah bertambahnya pengetahuan dan keterampilan  siswa tentang pelaksanaan metode praktikum kimia berbasis teknologi. Pelatihan ini dirasa sangat bermanfaat sekali karena dapat membantu siswa dalam mengatasi hambatan dalam mempelajari konsep-konsep kimia yang membutuhkan praktikum dengan ketersediaan alat dan bahan yang terbatas.

Kata Kunci: Pembelajaran Kimia, Eksperimen, Laboratorium Virtual (Chemlab)

Referensi

Dedi Holden Simbolon (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil Dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

Dhiyas Fatin Nuha, Haryono, Bakti Mulyani. (2015). Kontribusi Laboratorium Terhadap Pembelajaran Kimia SMA. Jurnal Pendidikan Kimia. 87.

Eska P.dkk (2017). Perbedaan Model Pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI) Berbasis Laboratorium Riil Dengan Virtual Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMAN 1 Pasangkayu. 28.

Galuh Rahardiana, Tri Redjeki Dan Sri Mulyani (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dilengkapi Lab Riil Dan Virtuil Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA Semester Genap Sma Negeri 1 Pulokulon Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. 121-212

Hermansyah, Gunawan, Lovy Herayanti (2015).Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. 98.

Jaya, H., 2013. Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Paraktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi,

Liu, D. et al., 2015. Integrasi Laboraorium Virtual Dengan Pembelajaran Sains. Procedia Computer Science.

Sarry Saraswaty, Mohammad Masykuri Dan Budi Utami (2014)Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Laboratorium Riil Dan Virtual Dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Materi Termokimia Kelas XI SMAN 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. 87.

Sri Umi Rahayu, Fuldiaratman, M. Dwi Wiwik Ernawati. (2014). Pengaruh Media Laboratorium Virtual Dalam Pembelajaran Larutan Penyangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 8 Muaro Jambi.

Surjono Herman, 2013. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam Peningkatan Proses Pembelajaran yang Inovatif. Seminar Nasional Pendidikan & Saintec.

Teguh Pambudi, Sri Mulyani, dan Agung Nugroho C.S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kimia Dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Menggunakan Laboratorium Real Dan Virtual Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas XI Mipa SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia. 79.

Yuliana, Yusminah Hala, A Mushawwir Taiyeb. (2017). Efektifitas Penggunaan Laboratorium Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMPN 3 Palakka Kabupaten Bone. Jurnal Nalar Pendidikan. 43.

Yusuf I, Widyaningsih SW. Penerapan Laboratorium Virtual pada Mata Kuliah Eksperimen Fisika terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Papua. Sainsmat Ilmu Pengetah Alam.

Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019, December). Green Chemistry Based Interactive Multimedia on Acid-Base Concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.

Biografi Penulis

Samsul Hadi, Universitas Mataram

Hermansyah Hermansyah, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).