Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan

Penulis

Miqro' Fajari Lathifah , Baiq Nunung Hidayati , Zulandri Zulandri

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.668

Diterbitkan:

2021-03-08

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Kata kunci, Covid-19, LKPD Elektronik, Liveworksheet, Media Pembelajaran.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstrak: pandemic Covid-19 memeberikan dampak yang cukup besar pada berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satunya yaitu pada bidang pendidikan. Akibat dari wabah tersebut, kegiatan belajar mengajar yang seharusnya dilaksanakan secara tatap muka, terpaksa harusdilaksanakan secara daring (online). Menyikapi hal tersebut, pengembangan media pembelajaran khususnya yang memanfaatkan teknologi sangatlah diperlukan. Tujuan dilakukannya pengabdian ini adalah untuk membantu guru di YPI Bidayatul Hidayah dalam mengembangkan LKPD elektronik yang dapat digunakan sebagai alternative pembelajaran di masa pandemic Covid-19. LKPD elektronik dibuat menggunakan aplikasi Liveworksheet. Program pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu: tahap persiapan dan pelaksanaan. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat terlihat bahwa peserta pelatihan sangat antusias terhadap pelaksanaan kegiatan karena mendapatkan pengetahuan baru terkait pengembangan LKPD elektronik.

 

 

Kata kunci: Covid-19, LKPD Elektronik, Liveworksheet, Media Pembelajaran.

Referensi

Arief, M. F. M. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Pembelajaran Mekanika Teknik dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas X TGB SMKN 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan. Vol. 1 (1): 148-152.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Dewi, P. F. (2010). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif pada Pelajaran Kimia Pokok Bahasan Hidrokarbon di SMA Negeri 5 Palembang. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahmi Dian Awaluddin, R. F., & Rusimamto, P. W. (2016). Pengembangan Modul Elektronik Plc Pada Standar Kompetensi memprogram Peralatan Sistem Pengendali Elektronik Dengan Plc Untuk Smk Raden Patah Kota Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3).

Herawati, E. P., Gulo, F., & Hartono, H. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) interaktif untuk pembelajaran konsep mol di kelas X SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 168-178.

KEBUDAYAAN, M. P. D., & INDONESIA, R. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17-25.

Putria, H., Maula, L. H. and Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Seklah Dasar. Jurnal Basicedu, Volume 4, Nomor 4, halaman 861-872.

Ramadhani, F. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Bioteknologi Dan Produksi Pangan Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(4).

Ramlawati, Liliasari, Martoprawiro, M. A., dan Wulan, A.R. (2014).The Effect of Electronic Portfolio Assessment Model to Increase of Student’s Generic Science Skills in Practical Inorganic Chemistry. J. Educ. L., 8 (3):179-186.

Biografi Penulis

Miqro' Fajari Lathifah, Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).