Pemeriksaan Kesehatan untuk Deteksi dan Pengelolaan Diabetes Mellitus dan Hiperkolestrol

Penulis

Aini Aini , Nuratikah Nuratikah , Jumari Ustiawaty , Made Sriasih

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.670

Diterbitkan:

2021-03-12

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Diabetes Mellitus, Hiperkolestrol, Insulin, Penyakit Degeneratif

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Aini, A., Nuratikah, N., Ustiawaty, J., & Sriasih, M. (2021). Pemeriksaan Kesehatan untuk Deteksi dan Pengelolaan Diabetes Mellitus dan Hiperkolestrol. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.670

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit yang berhubungan dengan sindrom yang memiliki ciri meningkatnya kadar glukosa darah atau dikenal dengan istilah hiperglikemia.Kondisi hiperglikemia ini dapat terjadi akibat gangguan sekresi, kerja insulin, atau oleh keduanya. Penyakit kronis seperti DM sangat rentan terhadap gangguan fungsi  yang bisa menyebabkan kegagalan padaorgan mata,ginjal,saraf, jantung dan pembuluh darah. Kolestrol adalah suatu molekul  atau komponen lemak di dalam sel. Lemak merupakan slah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh.lemak merupakan sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi tetapi bila  terdapat kadar kolestrol yang tinggi (hiperkolestrol) dapat menimbulkan resiko yang tinggi. Pemeriksaan kesehatan (screning) kesehatan) belum menjadi kebiasaan masayakat pada umumnya, hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyakat tentang screening kesehatan ataupun penyakit degeneratif dan kurangnya biaya dalam masyakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Dapat disimpulkan bahwa pada  saat pemeriksaan   dilakukan di Bawaq Bageq Utara   kelurahan Dasan Agung kecamatan Selaparang  kota Mataram Jumlah responden yang datang sebanyak 37 orang warga.  Hasil pemeriksaan diperoleh  hasil warga yang hipertensi 56,7%     (21 orang) dan 43.2% (16 orang ) mempunyai kadar kolesterol di atas normal dan membutuhkan pengobatan.

Referensi

Agustina Meldy Rika, Noor, D., & Agianto. (2017). Hubungan Pengetahuan Dan Perilaku Pasien Tentang Penatalaksanaan Diabetes Mellitus Di Banjarbaru Kalimantan Selatan. Nusantara Medical Science Journal, 14–18.

Depkes, R. I. (2003). Pedoman pengelolaan kegiatan kesehatan di kelompok lanjut usia.

Glenys. (2017). Penatalaksanaan Hipertensi Primer. Majority, 6(1), 25–33.

Kaplowitz, G. J. (2002). An aid to proximal wall reduction for full crowns. Journal of the American Dental Association, 133, 72. http://dx.doi.org/10.14219/jada.archive.2002.0024

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka cipta.

Soelistijo, S., Novida, H., Rudijanto, A., Soewondo, P., Suastika, K., Manaf, A., Sanusi, H., Lindarto, D., Shahab, A., Pramono, B., Langi, Y., Purnamasari, D., & Soetedjo, N. (2015). Konsesus Pengelolaan Dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe2 Di Indonesia 2015. In Perkeni. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://pbperkeni.or.id/wp-content/uploads/2019/01/4.-

Soewondo P. (2005). Pemantauan Pengendalian Diabetes Melitus. Balai Penerbit FK UI, pp. 153-9. .

World Health Organization. (2016). Global Report on Diabetes.

Mahatidanar, Andika.2015. Manfaat Buah apel (Malus domestica) untuk pencegahan stroke pada pasien kolestrol tinggi. J Angromed Unila

World Health Organization. (2016). Global Report on Diabetes.

Biografi Penulis

Aini Aini, Politeknik Medica Farma Husada Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).