Pelatihan Percakapan Bahasa Inggris Pariwisata Melalui Permainan Luar Ruang Bermakna (Meaningful Outdoor Plays) untuk Anak-Anak di Sekitar Lokasi Pembangunan Sirkuit MotoGP Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok

Penulis

Santi Farmasari , Mahyuni Mahyuni , Lalu Ali Wardana , Lalu Nurtaat

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.673

Diterbitkan:

2021-03-15

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

outdoor plays bermakna English for children, young learners, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, sirkuit MotoGP Mandalika komunikasi Bahasa Inggris

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Farmasari, S., Mahyuni, M., Wardana, L. A., & Nurtaat, L. (2021). Pelatihan Percakapan Bahasa Inggris Pariwisata Melalui Permainan Luar Ruang Bermakna (Meaningful Outdoor Plays) untuk Anak-Anak di Sekitar Lokasi Pembangunan Sirkuit MotoGP Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.673

Abstrak

Tujuan pengabdian pada masyarakat (PPM) ini adalah melatih dan membekali anak-anak usia SD kelas 4,5, dan 6 yang seringkali membantu keluarganya berjualan souvenir di sekitar KEK Mandalika Lombok Tengah dengan kemampuan komunikasi sederhana Bahasa Inggris pariwisata melalui permainan luar ruang bermakna (meaningful outdoor plays). Kegiatan PPM ini juga bertujuan untuk membantu pemerintah daerah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) di sekitar sirkuit MotoGP Mandalika Lombok Tengah. Kegiatan PPM ini dilaksanakan dengan tahapan (1) survey lokasi dan diskusi dengan kepala desa atau dusun, (2) desain rencana PPM, (3) penyusunan materi pelatihan, (4) pelatihan, dan (5) penyusunan laporan dan luaran PPM. Kegiatan PPM ini menghasilkan (1) pengetahuan khalayak strategis tentang percakapan sederhana pariwisata, (2) keterampilan berkomunikasi Bahasa Inggris sederhana untuk keperluan pariwisata khususnya penjualan souvenir, dan (3) manuskrip jurnal yang akan diterbitkan di jurnal PPM yang revelan. Kegiatan dan materi pelatihan ini disusun berdasarkan teori-teori dan metode-metode pembelajaran Bahasa Inggris anak-anak (English for Children) dan disesuaikan dengan karakter anak sebagai pembelajar usia dini (young learners).

Referensi

Anggraini, M., Nurjannah, S., & Inderasari, O. P. 2020. Fenomena Pekerja Anak (Kasus Pedagang Asongan Anak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah). RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(1), 123–132. https://doi.org/10.29303/resiprokal.v2i1.22

Cameron, L. 2005. Teaching Languages to Young Learners. Cambridge University Press.

Council of Europe. 2011. Comes: Learning, Teaching, Assessment (CEFR) European Framework of Reference for Languag. Common European Framework. https://rm.coe.int/1680459f97

Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus Republik Indonesia. (n.d.). Tentang KEK Indonesia. Retrieved March 8, 2021, from https://kek.go.id/sekilas-tentang-indonesia

Fennel, D. A. 2020. Ecotourism. Routledge.

Gallego, J. G. 2016. International Perspectives on Teaching English to Young Learners. Issues in Teacher Education, 31, 192–195. https://search-proquest-com.alumniproxy.library.qut.edu.au/cv_1989584/docview/1840798396/fulltextPDF/53A0B685EE4C49C5PQ/27?accountid=31520

Green, A. 2013. Exploring language assessment and testing: Language in action. Exploring Language Assessment and Testing: Language in Action, 14(2), 1–269. https://doi.org/10.4324/9781315889627

Kencana, M. R. B. 2021. Menparekraf Sandiaga Uno Yakin Bisa Gelar MotoGP Mandalika Oktober 2021. Liputan6, 1–4. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4458826/menparekraf-sandiaga-uno-yakin-bisa-gelar-motogp-mandalika-oktober-2021

Mckay, P. 2000. On ESL standards for school-age learners. Language Testing, 17(2), 185–214. https://doi.org/10.1177/026553220001700205

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. 2020. Proses Pembangunan Fasilitas MotoGP Diminta Maksimalkan Sumber Daya Lokal. https://www.ntbprov.go.id/post/program-unggulan/proses-pembangunan-fasilitas-motogp-diminta-maksimalkan-sumber-daya-lokal

Prajnaparamita, K. 2018. Perlindungan Tenaga Kerja Anak. Administrative Law and Governance Journal, 1(2), 215–230. https://doi.org/10.14710/alj.v1i2.215-230

Prayatni, I. 2019. Teaching english for young learners. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 4(2), 106–110.

Ramadani, P. I. 2020. Jadi Tuan Rumah Motogp 2021, Intip Penampakan Proyek Infrastruktur di Mandalika. 1–4. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4428944/jadi-tuan-rumah-motogp-2021-intip-penampakan-proyek-infrastruktur-di-mandalika

Ridwan, M. F. 2016. Gubernur NTB: Pembangunan SDM di KEK Mandalika Harus Prioritas. Republika, 1–4. https://www.republika.co.id/berita/o15rj9359/gubernur-ntb-pembangunan-sdm-di-kek-mandalika-harus-prioritas

Vygotsky, L. 1962. Thought and language. Cambridge University Press.

Biografi Penulis

Santi Farmasari, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Mataram, Lombok, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Lektor/IIId

Mahyuni Mahyuni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Mataram, Lombok, Indonesia

Lalu Ali Wardana, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Mataram, Lombok, Indonesia

Lalu Nurtaat, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Mataram, Lombok, Indonesia

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).