Pelatihan Pengolahan Kerupuk Ikan di Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Mursal Ghazali , Risqa Rabbani , Maya Sari , Muh. Hidayatur Rohman , M. Hamam Nasiruddin , Suherman Suherman , Nurhayati Nurhayati

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.683

Diterbitkan:

2021-03-15

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Pendampingan, Kerupuk, Ikan tongkol

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ghazali, M., Rabbani, R., Sari, M., Rohman, M. H., Nasiruddin, M. H., Suherman, S., & Nurhayati, N. (2021). Pelatihan Pengolahan Kerupuk Ikan di Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.683

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Ekas Buana adalah salah satu desa yang berada dibagian selatan Kabupaten Lombok Timur. Secara umum, mata pencaharian masyarakat ialah sebagai nelayan (nelayan tangkap dan budidaya) dan sebagian yang lain sebagai petani lahan kering. Kehidupan masyarakat di Desa Ekas Buana sama seperti kehidupan masyarakat yang ada di daerah pesisir lainnya, dimana penghasilan masyarakat cenderung tidak menentu. Oleh sebab itu, perlu dilakukan upaya pendampingan untuk memberikan alternatif lain sebagai sumber penghasilan tambahan. Salah satu usaha yang sangat cocok dengan daerah pesisir ialah pengolahan ikan. Pada kegiatan pengabdian ini dilakukan pelatihan pembuatan kerupuk dengan tambahan ikan tongkol (kerupuk ikan tongkol). Pengabdian ini bertujuan memberikan pengetahuan tambahan secara teoritis dan praktik mengenai proses pembuatan kerupuk ikan. Dari kegiaatan yang dilakukan dapat dilihat bahwa masyarakat yang mengikuti kegiatan pengabdian ini memiliki ketertarikan yang sangat tinggi. selain itu, pada saat pelaksanaan pendampingan atau praktik, masyarakkat terlibat langsung mengerjakan setiap tahapan. Meskipun demikian, belum ada yang siap untuk menjadikan kerupuk ikan sebagai usaha sampingan untuk meningkatkan pendapatan.

Referensi

Badan Standardisasi Nasional. 2009. Standard

Nasional Indonesia. 01-2713-2009. Kerupuk Ikan. Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.

Deni, S., Hardjito, L., & Salamah, E. (2013). Pemanfaatan Daging Ikan Tuna Sebagai Kerupuk Kamplang dan Karakterisasi Produk Yang Dihasilkan. Jurnal Ilmiah agribisnis dan Perikanan, 6(2), 6–14.

Ghazali, M., Aryanti, E., Kurnianingsih, R., & Sunarpi, H. (2018). Pemanfaatan Ekstrak Rumput Laut Sebagai Pupuk Organik Pada Pertanian Lahan Sempit Di Desa Lepak Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1), 95–100.

Hafiludin, H. (2011). Karakteristik Proksimat Dan Kandungan Senyawa Kimia Daging Putih Dan Daging Merah Ikan Tongkol (Euthynnus affinis). Jurnal Kelautan, 4(1), 1–10.

Hikmatulloh, E., Lasmanawati, E., & Setiawati, T. (2017). Manfaat Pengetahuan Bumbu Dan Rempah Pada Pengolahan Makanan Indonesia Siswa Smkn 9 Bandung. Jurnal Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner, 6(1), 9.

Kusuma, T. D., Suseno, T. I. P., & Surjoseputro, S. (2013). Pengaruh Proporsi Tapioka Dan Terigu Terhadap Sifat Fisikokimia Dan Organoleptik Kerupuk Berseledri. Jurnal Teknologi Pangan dan Gizi, 12(1), 17–28.

Lilimantik, E., & Sofia, L. A. (2015). Pengolahan Kerupuk Ikan Tenggiri (Laporan Pengabdian No. 664.02). Banjarbaru: Universitas Lambung Mangkurat.

Luciana, L., Hamzah, A., & Mardin, M. (2017). Sumber Penghasilan Masyarakat Nelayan. Jurnal Ilmiah Membangun Desa dan Pertanian, 2(1), 20–24.

Natalia, T., Hermanto, H., & Isamu, K. T. (2019). Uji Sensori, Fisik dan Kimia Kerupuk Ikan Dengan Penambahan Konsentrasi Daging Ikan Gabus (Channa striata) YANG BERBEDA. J. Fish Protech, 2(2), 157–164.

Pangerapan, M., Laoh, O. Esry. H., & Tangkere, E. G. (2018). Analisis Pendapatan Dan Konsumsi Masyarakat Pesisir Pantai (Studi Kasus: Di Dusun Rarumis Desa Karor Kecamatan Lembean Timur). Jurnal Agri-Sosioekonomi, 14(1), 73–80. https://doi.org/10.35791/agrsosek.14.1.2018.18960

Purnamayati, L., Dewi, E. N., Sumardianto, S., Rianingsih, L., & Anggo, A. D. (2019). Kualitas Kerupuk Kulit Ikan Nila Selama Penyimpanan. Jurnal Ilmu Pangan dan Hasil Pertanian, 2(2), 162–172. https://doi.org/10.26877/jiphp.v2i2.3216

Tumbel, N., & Manurung, S. (2017). Pengaruh Suhu Dan Waktu Penggorengan Terhadap Mutu Keripik Nanas Menggunakan Penggoreng Vakum. Jurnal Penelitian Teknologi Industri, 9(1), 9–22. https://doi.org/10.33749/jpti.v9i1.3204

Zulisyanto, D., Riyadi, P. H., & Amalia, U. (2016). The Effect of Long Steaming on the Quality of Physical and Chemical Crackers Dumbo Catfish (Clarias gariepinus). J. Peng. & Biotek. Hasil Pi., 5(4), 26–33.

Biografi Penulis

Mursal Ghazali, Universitas Mataram

Risqa Rabbani, Universitas Mataram

Maya Sari, Universitas Mataram

Muh. Hidayatur Rohman, Universitas Mataram

M. Hamam Nasiruddin, Universitas Mataram

Suherman Suherman, Universitas Mataram

Nurhayati Nurhayati, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).