Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Penyangga Ketahanan Pangan Keluarga

Penulis

Ni Wayan Sri Suliartini , Syavira Marwa , Ni Putu Karina Aprilia , M. Oktarachman R , Ahmad Natsir Ariffikri , Dhafin Fadhlul Aidin , I Nyoman Sri Anggreni Laraswaty , Muh Alfian Sangaji

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.695

Diterbitkan:

2021-03-23

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Kelurahan Punia, Pekarangan, Rumah Pangan Lestari

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Suliartini, N. W. S., Marwa, S., Aprilia, N. P. K., R, M. O., Ariffikri, A. N., Aidin, D. F., … Sangaji, M. A. (2021). Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Penyangga Ketahanan Pangan Keluarga. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.695

Abstrak

Ketahanan pangan merupakan salah satu masalah nasional yang harus ditangani bersama. Masalah ini tidak hanya ditangani oleh pemerintah, namun harus didukung aktif oleh masyarakat. Lingkungan Kelurahan Punia mempunyai tingkat kepadatan penduduk cukup tinggi dan lahan pekarangan yang sebagian besar sempit. Program Rumah Pangan Lestari (RPL) berguna dalam pengoptimalan lahan pekarangan untuk menyangga ketersedian pangan keluarga. Penulisan artikel ini disajikan secara deskriptif untuk memperoleh gambaran mengenai berbagai metode budidaya tanaman yang bermanfaat bagi masyarakat Kelurahan Punia. Berbagai program kerja yang dilakukan bertujuan untuk membuat kawasan percontohan bagi masyarakat di Kelurahan Punia agar mampu memanfaatkan lahan pekarang secara optimal untuk menjaga ketahanan pangan keluarga. Kawasan percontohan RPL bertempat di Jalan Airlangga Gang Arpom 4. Metode yang digunakan yaitu pendekatan sosial, kaji terap partisipatif, praktik demonstrasi plot. Sosialisasi RPL juga dilakukan melalui media sosial yaitu Instagram yang dilakukan mulai tanggal 11 Januari 2021 sampai dengan 24 Februari 2021. Berdasarkan hasil observasi dan kegiatan selama penerapan RPL menunjukkan masyarakat Kelurahan Punia antusias dengan program-program yang diterapkan dalam RPL. Kesimpulan yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah program RPL berjalan dengan baik dan dapat menjadi solusi pemanfaatan lahan pekarangan untuk menyangga ketahanan pangan keluarga.

Referensi

Diansari, R. V. R., Arini, E., dan Elfitasari, T. 2013. Pengaruh kepadatan yang berbeda terhadap kelulushidupan dan pertumbuhan ikan nila (Oreochromis niloticus) pada sistem resirkulasi dengan filter zeolit. Journal of Aquaculture Management and Technology. 1(1): 37-45.

Fatchullah, D. 2016. Pengaruh Lebar Bedengan dan Jarak Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Benih Kentang (Solanum tuberosum L.) Generasi Dua (G2) Varietas Granola. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian. 1(1): 39-47.

Hasanah, Z., Tony Y., dan Ira Y. 2020. Pendampingan Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah Sebagai Tempat Tanaman Baru Aquaponik. SENIAS. 1(1): 26-29.

Hidayanti, L., dan Kartika T. 2019. Pengaruh Nutrisi AB Mix Terhadap Pertumbuhan Tanaman Bayam Merah (Amaranthus tricolor L.) Secara Hidroponik. Jurnal Ilmiah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 16(2): 1-10.

Khairati, R., dan Rahmat S. 2016. Respons Permintaan Pangan Terhadap Pertambahan Penduduk di Sumatera Barat. Jurnal Pembangunan Nagari. 1(2): 19-36.

Murtadha, R. R., Anita W. N. T., Deva M., Nur L. A., Suci R. F., dan Laila L. U. Tanpa tahun. Optimalisasi Lahan Dengan Memanfaatkan Sistem Hidroponik.

Sasongko, H., dan Zuchrotus S. 2019. Optimalisasi lahan pekarangan rumah dengan budidaya tanaman sayuran organik di Dusun Krajan Desa Somongari Kec. Kaligesing Kab. Purworejo. Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat UAD. 1(1): 1-8.

Satiti, S. 2019. Gerakan Ayo Sekolah Di Kabupaten Bojonegoro: Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Untuk Menyongsong Bonus Demografi. Jurnal Kependudukan Indonesia. 14(1): 77-92.

Sholehah, N., Mimien H. I., dan Sueb. 2016. Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL): Analisis Pengetahuan dan Perilaku Santri. Jurnal Pendidikan Sains. 4(4): 152-156.

Sikumalay, A., Neni S., dan Machdawaty M. 2016. Efek Antibakteri dari Rebusan Daun Sambiloto (Andrographis paniculata Nees) dan Produk Herbal Sambiloto Terhadap Staphylococcus aureus. Jurnal Kesehatan Andalas. 5(1): 196-200.

Subandriyo., Didi D. A., dan Hadiyanto. 2012. Optimasi Pengomposan Sampah Organik Rumah Tangga Menggunakan Kombinasi Aktivator Em4 Dan Mol Terhadap Rasio C/N. Jurnal Ilmu Lingkungan. 10(2): 70-75.

Suryani, Reni N., dan Rini F. 2020. Pemanfaatan Lahan Sempit Perkotaan untuk Kemandirian Pangan Keluarga. Jurnal Ilmiah Respati 11(2): 93-103.

Wahyono, E. H., Haerudin R. S., Bambang R. S., Nano S., Jueni., Edi H., Bambang L., Ayu A. J., Bonaji., Erwindo., Suhadi., dan Sutarto. 2013. Pertanian Alami. Bogor: Konsorsium YABI-WCS-YAPEKA.

Wasonawati, C. 2011. Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman Tomat (Lycopersicon esculentum) dengan Sistem Budidaya Hidroponik. Jurnal Agrovigor. 4(1): 1-11.

Werdhany, W. I., dan Gunawan. 2012. Teknik Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian. 16(2): 76-83.

Biografi Penulis

Ni Wayan Sri Suliartini, Universitas Mataram

Syavira Marwa, Universitas Mataram

Ni Putu Karina Aprilia, Universitas Mataram

M. Oktarachman R, Universitas Mataram

Ahmad Natsir Ariffikri, Universitas Mataram

Dhafin Fadhlul Aidin, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).