Pengembangan Potensi Wisata Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Alam Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Pernek

Penulis

Akbar Mangemba , M. Miftah Faras Z , Sultan Samer , Serli Winda Yuliani , M. Givan Fachrezzy , Dinda Rama Eka Safitri , M. Adia Sopa

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.702

Diterbitkan:

2021-04-21

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Desa Wisata, Pernek

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Mangemba, A., Faras Z, M. M., Samer, S., Yuliani, S. W., Fachrezzy, M. G., Safitri, D. R. E., & Sopa, M. A. (2021). Pengembangan Potensi Wisata Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Alam Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Pernek. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.702

Abstrak

Surat keputusan bupati Sumbawa Nomor 678 tahun 2017 tentang Penetapan Desa wisata kabupaten Sumbawa memutuskan desa pernek menjadi salah satu kawasan desa wisata kabupaten Sumbawa.  Pulau Sumbawa memiliki banyak sekali potensi wisata. Tidak Jarang para wisatawan yang menjadikan wisata Pulau Sumbawa menjadi destinasi wisata wajib bagi mereka. Salah satu potensi wisata yang ada di Pulau Sumbawa terletak di Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu. Potensi alam dan budaya yang beragam di Desa Pernek, membuat Lingkungan ini ditetapkan menjadi salah satu dari Desa wisata di Pulau Sumbawa. Sejak diresmikan sebagai Desa Wisata pada tahun 2019, jumlah kunjungan ke Desa itu meningkat cukup tinggi. Selain dapat menikmati keindahan alam dan budaya Pulau Sumbawa, para wisatawan juga dapat merasakan kuliner khas desa ini seperti Poteng, dan Manjareal. Berdasarkan hasil survei yang kami lakukan di Desa Pernek dan wawancara dengan kepala desa, bahwa diperlukan pengelolaan yang optimal. Oleh karena itu juga, kami yang tergabung dalam kelompok pelaksana kegiatan KKN di Desa Pernek akan mengadakan kegiatan Penataan Wisata Alam, sebagai program utama kami untuk menyiapkan Desa Pernek sebagai desa wisata. Hal ini sebagaimana tema atau judul kami yakni “Pengembangan Potensi Wisata Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Pernekâ€.

Referensi

Maulana, Masrun, 2009. Pengolahan Sumber Daya Alam. Bagian II. Bogor.

Institu Pertanian Bogor.

Musanef.1996. Manajemen Usaha Pariwisata di Indonesia. Jakarta : PT TOKO GUNUNG AGUNG.

Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta. Andi Offset.

Biografi Penulis

Akbar Mangemba, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).