Optimalisasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Jero Juangga dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pendidikan di Dusun Penyonggok Desa Tetebatu Selatan

Penulis

Ni Nyoman Sri Putu Verawati , Maya Indriani , Hikmawati Hikmawati

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.707

Diterbitkan:

2021-04-26

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

PKBM Jero Juangga, Pendidikan, Tete Batu Selatan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Verawati, N. N. S. P., Indriani, M., & Hikmawati, H. (2021). Optimalisasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Jero Juangga dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pendidikan di Dusun Penyonggok Desa Tetebatu Selatan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.707

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan optimalisasi pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) merupakan salah satu program kerja kegiatan KKN terpadu era New Normal, Kegiatan ini bertempat di PKBM Jero Juangga Dusun Penyonggok Desa Tetebatu Selatan. PKBM Jero Juangga merupakan salah satu PKBM yang digagaskan oleh sekelompok pemuda-pemudi Jero Juangga Dusun Penyonggok Desa Tetebatu Selatan dalam rangka membantu dan memfasilitasi anak-anak dalam belajar khususnya yang masih sekolah selama masa pendemi Covid-19. Tujuan dari kegiatan ini yaitu melakukan pendampingan dalam rangka optimalisasi pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) yang meliputi : pembuatan perangkat pembelajaran, mengajar di PKBM, pendampingan kegiatan tambahan di PKBM dan edukasi hidup bersih dan sehat. Sasaran dari kegiatan ini yaitu peserta didik yang telah tergabung di PKBM Jero Juangga. Alur dari kegiatan ini yaitu permohonan izin kepada Kepala Desa, Kepala Wilayah, dan pengurus PKBM Jero Juangga, observasi PKBM Jero Juangga, pendataan peserta didik dan sosialisasi, penyusunan perencanaan dan perangkat pembelajaran, persiapan tempat belajar yang memadai, kegiatan pembelajaran di PKBM Jero Juangga dan evaluasi kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan optimalisasi PKBM Jero Juangga berjalan lancer dan mendapatkan dukungan yang penuh dari pengurus PKBM maupun masyarakat sekitar.

Referensi

Hatimah, Ihat. 2006. Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal di PKBM. Mimbar Pendidikan. Vol. 1(25) : 39-45.

Nadzir, M. 2013. Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 2(2) : 339-352.

Nieveen, N., Gustafson, K., Branch, R. M., & van den Akker, J. 1999. Design approaches and tools in education and training. Dordrecht: ICO Cluwer academic publisher.

Pamungkas, A. H. Sunarti, V. Wahyudi, W. A. 2018. PKBM dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Hidup Masyarakat Sesuai Target SDG’S. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Vol. 6(3) : 304-309.

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Putra, R. A., Kamil, M., Pramudia, J. R. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol. 1(1) : 23-36.

Sunarsi, D. 2018. Analisis Motivasi Kerja Tenaga Pendidik Sukarela pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bimasda Kota Tanggerang Selatan. Jurnal Kreatif : Pemasaran, Sumber Daya Manusia, dan Keuangan. Vol. 6(2) : 53-65.

Susanto, E. dan Retnawati, H. 2016. Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL untuk Mengembangkan HOTS Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 3(2) : 189-197.

Biografi Penulis

Ni Nyoman Sri Putu Verawati, Universitas Mataram

Maya Indriani, Universitas Mataram

Hikmawati Hikmawati, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).