PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

Authors

Lia Nurmayani , Aris Doyan , Ni Nyoman Sri Putu verawati

DOI:

10.29303/jppipa.v4i2.113

Published:

2018-07-17

Issue:

Vol. 4 No. 2 (2018): July

Research Articles

Downloads

How to Cite

Nurmayani, L., Doyan, A., & verawati, N. N. S. P. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.113

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Abstrak - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian kelompok non-ekuivalen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol di SMAN 6 Mataram. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda soal. Data hasil belajar kedua kelas tersebut terdistribusi normal dan homogen. Data dianalisis dengan uji Manova. Hasil analisis data menghasilkan signifikansi . Jika ditentukan taraf signifikansi sebesar 0,05 maka 0,016<0,05. Berdasarkan fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika peserta didik.

Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, hasil belajar.

Abstract - The purpose of this study is determine the effect of guided inquiry learning model toward physics learning outcomes of students. This type of research is quasi experiment with non-equivalent group design. Sampling using purposive sampling technique, so that obtained class XI MIA 1 as experiment class and class XI MIA 2 as control class. The research instrument is a multiple choice test of 30 questions that have been tested for validity, reliability, level of difficulty, and different power of problems. The learning data of the two classes is normally distributed. Based on the homogeneity data obtained both homogenous. Data were analyzed by Manova test. Result of data analysis show significance  0,016. If  determined the level of significance 0,05 then 0,016<0,05. Based on these facts it can be concluded that there is influence of guided inquiry learning model toward physics learning outcome of students.

 

Keywords: guided inquiry learning model, learning outcomes.

References

DAFTAR PUSTAKA

Jiniarti, B. E., Sahidu, C., & Verawati, NNSP. 2015. Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Peserta didik Kelas VIII SMPN 22 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol.1(3):185-192.

Kristanto, Y.E. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. Vol. 22 (2).

Putra, R. S. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif berbasis Sains. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Qomaliyah, E. N., Sukib, & Loka I. N. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil belajar Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Pijar MIPA. Vol. XI. No. 2: 105-109.

Setyosari, P. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Siswadi, Susilawati, & Hikmawati. 2018. Pengaruh Pendekatan VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik SMPN 10 Mataram. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Vol. 4(1): 30-34.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wahyuni, R., Hikmawati, & Taufik, M. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol.2(4):164-169.

Wijayatni, P. I., Mosik, dan Hindarto, N. 2010. Eksplorasi Kesulitan Belajar Peserta didik Pada Pokok Bahasan Cahaya dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melaui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 6:1-5.

Yasmin, N., Ramdani, A., & Azizah, A. 2015. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Peserta didik Kelas VIII Di SMPN 3 Gunungsari Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pijar MIPA. Vol. X. No.1: 69-75.

Yulian, P. M., Suratno dan Aisyah, I. N. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Giuided Inquiry) dengan Menggunakan Metode Eksperimen terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso. Jurnal Pancaran, Vol. 4(2):163-172.

Author Biographies

Aris Doyan, UNIVERSITAS MATARAM

Ni Nyoman Sri Putu verawati, UNIVERSITAS MATARAM

License

Authors who publish with Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Penelitian Pendidikan IPA.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).