VALIDITAS HANDOUT BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA PERKULIAHAN EVALUASI PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

Autor(s): Siska Nerita, Yulia Sri Hartati, Annika Maizeli, Aulia Afza
DOI: 10.29303/jppipa.v4i2.131

Abstract

Some problems found in Process Evaluation and Learning Outcomes of Biology was the student difficult to understand the subject, the media that used in learning was power point, and the subject unavailability of learning resources that can guide and make students independent study. Thus it necessary to develop of handout based on guided discovery method. The purpose of this research was to develop handout based on guided discovery method on Process Evaluation and Learning Outcomes of Biology subject. This was development research with use 4D model. This research is limited in the Develop phase for know the validity of handout. The instruments is handout validity analysis questionaire. Data analysis use percentage formula. The result show that validity of handout was 89,38 with high valid criteria. It can be concluded that handout based on guided discovery method had been valid.

Keywodrs : validity, handout, guided discovery method

Full Text:

PDF

References

Achera, L.J., R.R. Belecina, and M.D. Garvida. 2015. The Effect of Group Guided Discovery Approach on Theperformance of Students in Geometry. International Journal of Multidisciplinary Research and Modern Education (IJMRME). 1(1):331-342.

Afza, A. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi berorientasi Model Problem Based Learning (PBL) bermuatan Karakter. Jurnal BioConcetta. 2(1):128-141.

Akani O 2007 Effect of Guided Discovery Method of Instruction And Students’ Achievement in Chemistry at the Secondary School Level in Nigeria. International Journal of Scientific Research and Education. 5(2):6226-6234.

Cartono, Y. Ibrahim, C. Tresnawati, dan N. Nurdiani. 2015. Pengembangan Model Assesment Autentik guna Menilai Keterampilan Pemecahan Masalah dalam Kegiatan Praktik Lapangan Calon Guru Biologi. Jurnal Pengajaran MIPA. 20(1):82-87.

Dirjen Belmawa Kemenristekdikti. 2016. Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi.Jakarta: Kemenristek Dikti.

Efendi, L.A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(2). 1-10.

Estuningsih, S., E. Susantini, dan Isnawati. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IPA SMA pada Materi Substansi Genetika. Jurnal Bio Edu. 2(1):27-30.

Hasibuan, H., Irwan, dan Mirna. 2014. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika Kelas XI IPA SMA N 1 Lubuk Alung. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1):38-44.

Hidayati, N. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia berbasis Lingkungan Hidup Terintegrasi dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Teks Siswa SMP Negeri 2 Turen Tahun 2015. Jurnal NOSI.4(1):68-80.

Juweni, Sumadji, dan T.C. Wulandari.2016. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2016 Universitas Kanjuruhan Malang. 177-181.

Marlina, R., B. Hardigaluh, dan Yokhebed. 2015. Pengembangan Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Potensi Lokal untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pengajaran MIPA.20(1):94-99.

Ningtyas, N. dan T.N.H. Yunianta. 2014. Pengembangan Handout Pembelajaran Tematik untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas III. Jurnal Scholaria. 4(3):42-53.

Nurcholis. 2013. Implementasi Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Penarikan Kesimpulan Logika Matematika. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 1(1):32-42.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogjakarta: Diva Press.

Purwati, N., J. Waluyo, dan Suratno. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Virus Berbasis Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pancaran. 4(3): 89-98.

Purwatiningsi, S. 2013. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Balok. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako.1(1):53-63.

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. 2012. Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika.1(4):53-63.

Trianto. 2010. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Wulandari, S., E. Suarsini, dan Ibrohim. 2016. Pemanfaatan Sumber Belajar Handout Bioteknologi Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan 1(5):881-884.

Zein, A.O., Tamar, dan Khairunnisa. 2013. Hubungan Warna dengan Tingkat Stress Pengunjung. Jurnal Rekajiva.1(1):1-10.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.