Template

  1. Sasaran Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA) adalah untuk menerbitkan hasil penelitian, pemikiran, pandangan dan penyebarluaskan ilmu yang orisinil di bidang Pendidikan IPA dan terapan IPA.
  2. Naskah untuk JPPIPA dapat  disubmit  langsung ke prodi magister IPA atau dikirim ke alamat email: arisdoyan@yahoo.co.id / hamidi@unram.ac.id
  3. Jenis naskah yang diterima adalah berupa hasil penelitian, hasil pengembangan ilmu IPA.
  4. Naskah yang dikirimkan adalah naskah yang belum pernah diterbitkan, atau tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di penerbitan lain.
  5. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris.
  6. Panjang naskah diharapkan maksimal 20  halaman Naskah ditulis dengan huruf time new roman ukuran 12, jarak baris 1.5 spasi, ukuran kertas A4 (210x297mm) dengan margin 30 mm pada setiap sisinya.
  7. Nama penulis hendaknya disertai nama dan alamat lembaga masing-masing serta alamat email.
  8. Abstrak menggunakan huruf miring (italics) dan diletakkan langsung dibawah nama lembaga penulis. Abstrak berbentuk satu alenia, terdiri atas maksimum 200 kata, dan dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak ini merupakan ringkasan naskah, dengan memuat deskripsi dan hasil karya secara jelas, tanpa opini penulis.
  9. Dibawah abstrak hendaknya dicantumkan kata kunci berbahasa Indonesia, sebanyak-banyaknya 5 buah, dengan huruf miring.
  10. Rumus-rumus diberi nomor urut dengan angka di sebelah kanan, dalam tanda kurung. Hendaknya digunakan satuan Sistem Internasional (SI) dan singkatan bakunya. Tanda desimal menggunakan tanda koma. 2 alenia ditulis pada indent dan justified. Singkatan hendaknya dihindari, kecuali jika telah didefinisikan sebelumnya atau merupakan suatu singkatan yang sudah umum di pakai. Catatan kaki tidak diperkenankan.
  11. Jika mengutip gambar, tabel atau foto dari penerbitan lain, penulis wajib menyebutkan sumbernya. Tabel diketik 1 spasi, koma desimal digunakan sebagai rujukan posisi (alignment) dan angka nol dicantumkan (misalnya: 0,333 dan bukan ,33). Kolom dan baris tabel perlu diberi judul. Judul berhuruf kapital untuk huruf pertamanya saja, selaras dengan tata bahasa Indonesia. Judul gambar dibawah dan judul tabel diatas.
  12. Pustaka diletakkan pada akhir naskah, pustaka diberi nomor urut dengan angka dan dirujuk dalam naskah dengan mencantumkan nomor sebagai superscript. Penomoran pustaka selaras dengan urutan perujukannya untuk pertama kali dalam naskah. Pustaka yang berupa artikel ilmiah dirinci dengan urutan: 
  • Nama penulis, dengan inisial nama depan diletakkan dibelakang;
  • Judul artikel ilmiah (jika dianggap perlu diawali dan diakhiri dengan tanda kutip);
  • Nama jurnal ilmiah yang memuat artikel itu (disingkat menurut kebiasaan yang ada dengan huruf miring). Gunakan singkatan ibid jika merujuk majalah yang sama bagi pengarang yang menulis beberapa artikel;
  • Volume dan jilid (jika perlu) jurnal ilmih dicetak tebal, halaman awal;
  • Tahun terbit artikel ilmiah.
  • Daftar acuan disusun kebawah menurut abjad nama akhir penulis.
  • Cara mengacu ke daftar acuan dilakukan dengan menuliskan nama penulis pertama dan tahun penerbitan di dalam kurung, misalnya (Ohara dkk. 1996)