Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Bahasa Anak

Authors

Nuraini , Abdul Kadir Jaelani , I Nyoman Suarta , Baik Nilawati Astini

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2817

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Perkembangan Bahasa, APE, Pendidikan Anak Usia Dini.

Articles

Downloads

How to Cite

Nuraini, Abdul Kadir Jaelani, Suarta, I. N. ., & Astini, B. N. . (2023). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Bahasa Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 33–40. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2817

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Alat Permainan Edukatif (APE) adalah alat/media pembelajaran yang digunakan anak usia dini dalam bermain, karena dunia anak adalah dunia bermain. Melalui permainan itulah akan terjadi proses stimulasi tumbuh kembang 6 aspek perkembangan anak. Salah satu aspek yang dikembangkan adalah aspek bahasa. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi Alat Permainan Edukatif (APE) yang digunakan, APE yang dominan digunakan, APE yang efektif digunakan, sehingga dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Kecamatan Narmada Tahun Ajaran 2022. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Stratified Proporsional Random Sampling dengan sampel 34 guru di 12 sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner terbuka dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dari data angka yang diperoleh dari hasil pertanyaan pada angket yang disebar kepada guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 19 APE yang berhasil diidentifikasi di 12 sekolah di TK Kecamatan Narmada. Adapun 19 APE tesebut yaitu Kartu Huruf, Kartu Gambar, Poster, Majalah, Tutup Botol Pintar, Alat Memasak, Telepon Mainan, Lagu/Musik, Pohon Pintar, Puzzle, Boneka Tangan, Boneka Jari, Tv Mainan, Mobil-Mobilan, Lilin Ajaib, Papan Baca, Pancingan Huruf, Stik Huruf, dan Bingkai foto. Terdapat 7 APE yang dominan digunakan antara lain: Kartu Huruf, Kartu Gambar, Poster, Majalah, Boneka Tangan, Puzzle, dan Lagu/Musik. Terdapat 8 APE yang efektif digunakan antara lain: kartu huruf, kartu gambar, poster, majalah, alat memasak, telepon mainan, lagu/musik, dan boneka tangan. APE dengan persentase tertinggi adalah Telepon Mainan (82,35%), Kartu Huruf (73,53%), Kartu Gambar (70,59%), dan lagu/musik (67,65%).

References

Arfa, U., Arifin, A. A., & Abdurahman, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Permainan Telepon Kaleng Sebagai Media Pembelajaran Di Kelompok A PAUD Negeri Pembina 1 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud. 4(2). 15-36. http://dx.doi.org/10.33387/cp.v4i2.5338

Astini, B.N., Nurhasanah., Rachmayani, I., & Suarta, I.N,. (2017). Identifikasi Pemanfaatan Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, vol,6, no.1. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15678

Fakhira, D., Fahruddin, Rachmayani, I., Astini, B.N. (2022). Identifikasi Perkembangan Bahasa Keaksaraan Anak Kelompok A di TK Raudatush Shibyan Ampenan. Journal Of Classroom Action Research. Vol. 4 No. 2. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1725

Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti

Hardianti, F. (2021). Identifikasi Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun. Nusra: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.55681/nusra.v2i1.70

Hasbi, M. (2021). Panduan APE Aman Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat jendral pendidikan anak usia dini

Makki, M., Sudirman, S., Tahir, M., & Jaelani, A.K. (2021). Kinerja Manajerial Kepala Sekolah Dasar Di Kota Mataram. Jurnal ilmiah profesi pendidikan, 6(3), 561-569. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.294

Mariatun, M. (2018). Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Kartu Gambar dan Kata Pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al-Aqsho Keru Narmada Tahun Pelajaran 2018. (Doctoral dissertation, Universitas Mataram). http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8522 . Diakses pada 10 januari 2023

Mudana, I. W. (2021). “Majalah Bobo Sebagai Arena Konstruksi Sosial Dalam Pengembangan Literasi Sosial Pada Anak-Anakâ€. Jurnal Widya Citra 2 (1), 24-34. https://doi.org/10.10101/juwitra.v2i1.382.

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2020). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 805. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.640

Pusari, R. W. (2016). Analisis Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (Ape) Dalam Menciptakan Pembelajaran Bahasa Di Tk Tunas Rimba Ii Kota Semarang. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(1). https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i1.1118

Qomari SP, U., Astini, B. N., Nurhasanah, N., & Fahruddin, F. (2021). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini Di Desa Rempung. Jurnal Mutiara Pendidikan, 1(1), 21–35. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JMP/article/view/2888

Rahmatiana, F. ., Astawa, l M. S. ., Fahruddin, & Rachmayani, I. . (2022). Identifikasi Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A Di TK Al-Hamidy Tahun 2022. Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2293

Ramadha, L.E., Zuhaida, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Flash Card. Journal of Classroom Action Research. Vol. 3 No. 2 https://doi.org/10.29303/jcar.v3i2.834

Solina, S. (2014). Identifikasi Pemanfaatan Ape Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Se-Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Mataram). http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6339 . Diakses pada 10 januari 2023

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Sunaryanto, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Media Poster Di Tk Aba Wonotingal Poncosari Srandakan Bantul Yogyakarta. Jurnal Mahhasiswa Pendidikan Guru PAUD S-1. Edisi ke 4. Tahun ke 4

License

Copyright (c) 2023 Nuraini, Abdul Kadir Jaelani, I Nyoman Suarta, Baik Nilawati Astini

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).