Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi active learning pada muatan IPA kelas V SDN 32 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 32 Cakranegara. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Impelementasi strategi active learning pada muatan IPA kelas V SDN 32 Cakranegara Tahun Pelajaran 2021/2022, yaitu sudah berjalan cukup baik, dimana guru telah menerpakan sepuluh langkah strategi active learning, mliputi membangun tim, questions students have (pertanyaan dari siswa), assesment search (pencarian penilaian), active knowledge sharing (berbagi pengetahuan), lightening the learning climate (pembelajaran ringan, santai, kreatif), go to your post (pergi ke pos mu), belajar kasus penuh strategi, point-counterpoint, reading aloud (membaca keras), dan active debate (debat aktif).
Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.
Harefa, D., & Sarumaha, M. (2020). Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam Sejak Dini. Pm Publisher.
Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SD dengan menggunakan model problem based learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115-127.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Copyright (c) 2023 Tanti Irawati, Heri Hadi Saputra, Baik Niswatul Khair
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The Open Access Journals of Postgraduate University of Mataram provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research.