Pengembangan Media GUTOP (Game Ular Tangga Operasi Hitung Pecahan) Materi Pecahan pada Mata Pelajaran Matematika untuk Kelas V SD

Authors

Ismi Anggraini , Vivi Rachmatul Hidayati , Siti Istiningsih

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3923

Published:

2023-06-24

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Media Pembelajaran, Gutop, Matematika.

Articles

Downloads

How to Cite

Anggraini, I., Hidayati , V. R. ., & Istiningsih , S. . (2023). Pengembangan Media GUTOP (Game Ular Tangga Operasi Hitung Pecahan) Materi Pecahan pada Mata Pelajaran Matematika untuk Kelas V SD . Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 168–173. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3923

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Media pembelajaran masih jarang dikembangkan dan digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam pembelajaran, karena pada abad 21 baik siswa maupun guru dituntut untuk memiliki kemampuan memaanfaatkan teknologi khususnya media pembelajaram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran GUTOP yang dikembangkan. Pengembangan media yang dilakukan berupa media ular tangga yang dilengkapi dengan buku misteri GUTOP. Media GUTOP ini mengandung unsur kearifan lokal yang membedakan media GUTOP dengan media ular tangga lainnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Alat pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran GUTOP pada Materi Operasi Hitung Pecahan untuk kelas V SD. Berdasarkan penilaian dari validator ahli media mendapatkan kriteria valid dengan rerata persentase 83,3%, penilaian dari ahli materi oleh dosen PGSD UNRAM mendapatkan kriteria sangat valid dengan rerata persentase 86,36%, penilaian dari ahli materi oleh guru kelas V mendapatkan kriteria sangat valid dengan rerata persentase 97,72%. Hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 96,42%, uji kelompok besar mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 93,19%. Sehingga, dari akumulasi hasil presentase validasi ahli dan kepraktisan maka media GUTOP yang dikembangkan dapat dikatakan sangat layak.

References

Cholifah, I. (2021). Penggunaan Media Ular Tangga Tematik (ULGATIK) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Kelas IIA SDN 1 Landungsari. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154. Https://Doi.Org/10.21067/Jbpd.V5i2.5720

DR. Tarpan Suparman, M. P. (2020). Kurikulum Dan Pembelajaran (1st Ed.). CV SARNU UNTUNG.

Handini, A, Ida Ermina, dan Itsna Oktaviyanti. 2022. “pengaruh media interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas 2 SD se-gugus 1 kecamatan narmadaâ€. Jurnal ilmiah profesi pendidikan. Vol. 7. No. 1.

Handini, A., Ermiana, I., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Media Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD Se-Gugus 1 Kecamatan Narmada. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 163–169.

Hardiana, B. N., Tahir, M., & Istiningsih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak pada Materi Bahasa Indonesia Kelas II SDN 7 Sakra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 210–220. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1097

Informatika, J. T., & Komputer, D. (2022). SKRIPSI Dibuat Untuk Melengkapi Syarat-Syarat Yang Diperlukan Untuk Memperoleh Diploma Empat Politeknik Tsabita Indah Muthia 1807433016 PROGRAM STUDI TEKNIK MULTIMEDIA DIGITAL.

Istiningsih, S., Darmiany, Astria, F. P. A., & Erfan, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli di era new normal. Journal of Elementary Education, 4(6), 911–920. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/9578

Md Suarjana, L. I., Putu Parmiti, D., Elma Arry Safitri, P., ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG PECAHAN SISWA SEKOLAH DASAR Kunci, K., & Hitung Pecahan, Operasi. (2018). A R T I C L E I N F O. International Journal Of Elementary Education, 2(2), 144– 155. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/IJEE

Nafilah Rahman. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEBERAGAMAN. Universitas Mataram.

Novitasari, A., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran UTAPSI (Ular Tangga Pintar Edukasi) Untuk Meningkatkan Hassil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 789–799. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.821

Olyvia, L., Intiana, S. R. H., & Istiningsih, S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE SYLLABLES LETTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR HADI SAKTI. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1193–1203.

Primasari, I. F. N. D., Zulela, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Model Mathematics Realistic Education (Rme) Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888–1899. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1115

Purba, R., Taufik, M., & Jamaludin, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Liveworksheets Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 336–348. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6800

Rahmadiani, Septinanda. 2018. Yusrizal Dan Rahmawati. (2022). Pengembangan Instrumen Afektif Dan Kusioner (1st Ed.). UIN RADEN

Rizqo, N., Mansur, H., & Mangkurat, U. L. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASIBELAJAR SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. In Journal Of Instructional Technology J-INSTECH (Vol. 1, Issue 1).

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) STUDI KASUS DI TK MUSLIMAT NUMASLAKUL HUDA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1).

Shobirin, M. M. P. (2016). Konsep Dasar Dan Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar (1st Ed.). Deepublish Publisher.

Testiani, Dkk. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Pecahan Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. VOL 42022

Author Biography

Ismi Anggraini, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Ismi Anggraini, Vivi Rachmatul Hidayati , Siti Istiningsih

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).