Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Media Pembelajaran Segitiga Bongkar Pasang dengan Strategi STAD

Authors

Dedi Setiawan

DOI:

10.29303/jcar.v3i1.629

Published:

2021-02-26

Issue:

Vol. 3 No. 1 (2021)

Keywords:

Media Segitiga Bongkar Pasang, Strategi STAD, Hasil belajar

Articles

Downloads

How to Cite

Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Media Pembelajaran Segitiga Bongkar Pasang dengan Strategi STAD. Journal of Classroom Action Research, 3(1), 7–14. https://doi.org/10.29303/jcar.v3i1.629

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan Segitiga Bongkar Pasang sebagai sebuah media pembelajaran materi Matematika untuk sekolah di daerah tertinggal seperti SMP Terbuka. Pembuatan media dilakukan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan realistis pada 15 Tempat Kegiatan Belajar (TKB) SMP terbuka Narmada I yang berinduk di SMPN 3 Lingsar seperti TKB Mandiri Montong Buwuh II. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan melibatkan 7 orang siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data pada hasil belajar dengan memberikan tes evaluasi pada siswa setelah pembelajaran berlangsung di setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan KKM 70, ketuntasan klasikal siswa pada Siklus I sebesar 28,6% dan meningkat menjadi 85.7% pada Siklus II. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media Segitiga Bongkar Pasang dengan strategi STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa

References

Dahar, R. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga.

Ibrahim. (2001). Media pembelajaran: Bahan sajian program pendidikan akta mengajar. FIP. UM.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Munzir, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 59–71. https://doi.org/10.24815/dm.v2i2.2815

Setyosari, P., Dwiyogo, W. D., & Malang, U. N. (2016). Strategi Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Kondusif : Studi Fenomenologi pada Kelas-kelas Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(April), 10–19.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332

Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Sunain, S. (2016). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Tingkat Kecerdasan dan Keaktifan Siswa dari Kelas Satu Sampai dengan Kelas Enam Pada Semester I. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 160. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.942

Sururuddin, M. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Quantum Teaching untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didika (Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(2), 1–11.

Triani, D. (2014). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas X Dan XI Di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(7), 530–536.

Author Biography

Dedi Setiawan, SMPN 3 Lingsar, Lombok Barat, NTB

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).