Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Biologi Sistem Peredaran Darah
DOI:
10.29303/jcar.v6i3.8602Published:
2024-08-14Issue:
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, Sistem Peredaran Darah.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi biologi sistem peredaran darah kelas XI SMAN 1 Praya Barat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain nonrandomized control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Praya Barat Tahun Ajaran 2023/2024 dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Praya Barat. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik purvosing Sampling, sampel penelitian berjumlah 68 peserta didik. Data hasil belajar peserta didik dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda dengan pola Pretest dan Posttest. Ada beberapa uji prasyarat yang digunakan sebelum uji hipotesis dan uji N-Gain dilakukan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan uji t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model jigsaw, yang ditunjukkan oleh hasil uji t sebesar 0,000<0.05. Peningkatan efektivitas hasil belajar untuk kelas eksperimen tergolong pada kategori sedang N-Gain = 0,56 dan kelas kontrol dalam kategori sedang N-Gain = 0,34. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan materi sistem peredaran darah pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Praya Barat dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
References
Afnan, D., Astuti, P., Tyas, A., Hardıni, A., Kristen, U, Wacana, S., Belajar, H., Kalor, P., & Esa, Y. M. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Model Discovery Learning Berbantuan Powerpoint Secara Daring Kelas V SD. 9(2), 96-100.
Al Fasha, C., Sarjana, K., & Sridana, N. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 417-424. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.6025
Andira, A., Hasmawati, & R, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(2), 128–133. https://eprints.unm.ac.id/20185/
Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15-34. http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61
Fatirani, H. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Sistem Ekskresi Manusia Melalui Penggynaan Model Pembelajaran Koopertif Tipe Jigsaw. SECONDARY: Jurnal Inofasi Pendidikan Menengah. Vol. 2, No. 2. ISSN: 2774-5791. Hal: 2223-225. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i2.1143
Fiteriani, I., & Baharudin. (2017). Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif yang Berkombinasi Pada Materi IPA di MIN Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 1–30. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2224
Hermawan, YC, Juliani, WI, & Widodo, H. (2020). Konsep kurikulum dan kurikulum pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam , 10 (1), 34-44. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720
Hutabarat W, & RS, N. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan menggunakan LKS Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Pokok Bahasan Hidrokarbon. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 21(1), 53–38.
Jagantara, I. W. M., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta didik SMA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1), 1–13.
Jarre, A. R., & Bachtiar, S. (2017). Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Peserta didik Meningkat melalui Penerapan Model Jigsaw. Jurnal Biologi & Pembelajarannya, 4(1), 26–33. https://doi.org/10.29407/jbp.v4i1.672
Kahar, A. P. (2018). Penerapan bahan ajar ekosistem mangrove berbasis potensi lokal untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i1.886
Kusuma, A. S. H. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Desain dan analisis Datanya. Lombok Tengah: Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya.
Setiawati, D., & Ramdani, A. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan Jigsaw Pada Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 141-145. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3967
Nurhadi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta didik Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 3 Bengkalis. Journal of Natural Science and Integration, 1(2), 76–84. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7115
Oktapiani, M. (2019). Perencanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan di indonesia. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 71-102.
Qudsiyah, B., Laila, F., Munir, B., Suprianto, W. D., & Nurhayati, N. (2023). Hakikat Pendidikan Dan Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1297-1303.
Rahmi, E. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Kemampuan Awal Siswaterhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ipa Sman 1 Bonjol. Jurnal Pendidikan Rokania, 2(2), 177-185.
Rohmat, L, H., & Canda Sakti, N. (2019). Implementation of Jigsaw Type Cooperative Learning Model to Improve Economics Learning Results. International Journal of Educational Research Review, 350–357. https://doi.org/10.24331/ijere.573871
Rusmana, N., & Hayati, L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 466-471. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5971
Setiawati, D., & Ramdani, A. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan Jigsaw Pada Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 141-145.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.
Sunarta, I. W. (2022). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media Audio Visual. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 133–141. https://doi.org/10.5281/zenodo.6570302
Susilo, F., Sunarno, W., & Suparmi. (2016). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Jigsaw Dan Gi (Group Investigation) Ditinjau Dari Kreativitas Dan. Jurnal Inkuiri, 5(3), 40–48. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v5i3.9440
Trisianawati, E., Djudin, T., & Setiawan, R. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik pada materi vektor di kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo Jurnal penelitian fisika dan aplikasinya (JPFA), 6(2), 51-60. https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p51-60
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1299
Author Biographies
Adelia Nursamawa Khalil, Pendidikan Biologi
Agil Al Idrus, Universitas Mataram
A. Wahab Jufri, Universitas Mataram
Jamaluddin, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 adelia_nursamawa25 Adelia Nursamawa Khalil, Agil Al Idrus, A. Wahab Jufri, Jamaluddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).