Analisis Buku Siswa Sekolah Dasar Kelas III Tema I Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Aspek Bahasa, Penyajian dan Tampilan

Authors

Murniati , Muhammad Makki , Syaiful Musaddat

DOI:

10.29303/jcar.v4i3.1824

Published:

2022-09-05

Issue:

Vol. 4 No. 3 (2022): Agustus

Keywords:

Analisis Buku Siswa, Bahasa, Penyajian, Tampilan

Articles

Downloads

How to Cite

Murniati, Muhammad Makki, & Syaiful Musaddat. (2022). Analisis Buku Siswa Sekolah Dasar Kelas III Tema I Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Aspek Bahasa, Penyajian dan Tampilan. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 10–15. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1824

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas buku siswa sekolah dasar kelas III tema I aspek bahasa, penyajian dan tampilan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode dokumentasi dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian ini adalah buku siswa kelas III tema I pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup edisi revisi 2018 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik  Indonesia. Analisis buku teks meliputi aspek bahasa, penyajian, dan tampilan sesuai dengan pedoman yang ditetapkan oleh  Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)  Dari aspek bahasa, kategori buku tersebut kurang baik, dapat dilihat pada indikator kesesuian dengan peserta didik mendapat kategori kurang baik, dan pada indikator kesesuaian dengan kaidah bahasa Indonesia, yakni ketepatan ejaan mendapat kategori kurang tepat dan  indikator kebakuan kata mendapat kategori baik. 2) Dari aspek penyajian mendapat kategori kurang baik, dapat dilihat pada teknik penyajian yang meliputi indikator memiliki konsistensi sitematika penyajian mendapat kategori kurang baik, indikator memiliki keruntutan konsep mendapat kategori baik, indikator memiliki  keseimbangan antarbab (subtema) mendapat kategori kurang baik, sedangkan pada indikator kelengkapan penyajian, yakni bagian pendahuluan mendapat kategori tidak baik, Bagian isi mendapat kategori baik, dan bagian penutup mendapat kategori tidak baik. Dan  3) Dari aspek tampilan mendapat kategori baik, dapat dilihat pada indikator ukuran buku, ukuran huruf dan jenis huruf mendapat baik, dan indikator penggunaan ilustrasi mendapat kategori baik.

References

Abdurrohman, A. (2021). Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik Kelas XI Kurikulum 2013 Terbitan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Doctoral dissertation, STKIP PGRI BANGKALAN).

Aliyansyah, M., Saputra, H. H., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Siswa Kurikulum 2013 Kelas III SD/MI Tema Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 183-188.

Arikunto, S.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Intiana, S. R. H., & Musaddat, S. (2021). Pelatihan Pengembangan Materi Ajar Bagi Guru-guru Bahasa dan Sastra Indonesia di Kabupaten Lombok Utara. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 1(1), 1-12.

Irma, C. N. (2022). Kelayakan Isi Dan Bahasa Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Di Sma Negeri 1 Sirampog. Hasta Wiyata, 5(1), 32-42.

Jannah, R. (2016). Pengembangan Buku Ajar Tematik Bernuansa Islami untuk Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar Islam. Muallimuna, 2(1), 1-16.

Moleong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku Teks

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 pasal 43 ayat 5 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 2005. Jakarta:Departemen Pendidikan.

Rahmatina, C. A., Jannah, M., & Annisa, F. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis STEM (science, technology, engineering, and mathematics) di SMA/MA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 1(1), 27-33.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Ramdani, A., Syukur, A., Gunawan, G., Permatasari, I., & Yustiqvar, M. (2020). Increasing Students’ Metacognition Awareness: Learning Studies Using Science Teaching Materials Based on SETS Integrated Inquiry. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 6708-6721.

Sudirman, S., & Setiawan, H. (2021). Standar Isi, Bahasa, Dan Penyajian Buku Tematik Terbitan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (2017) Tema 2 “Udara Bersih Bagi Kesehatan†Kelas V Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(1), 35-41.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Wulyandari, S. B., & Irawan, D. (2021). Analisis Kelayakan Kegrafikaan Buku Tematik Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 178-185.

License

Copyright (c) 2022 Murniati, Muhammad Makki, Syaiful Musaddat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).