Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Keterampilan Membaca Pemahaman

Authors

Safitri Melinia , Heri Hadi Saputra , Itsna Oktaviyanti

DOI:

10.29303/jcar.v4i3.2039

Published:

2022-09-05

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2019)

Keywords:

Kesulitan Belajar; Membaca Pemahaman, Motivasi Belajar Siswa.

Articles

Downloads

How to Cite

Melinia, S. ., Heri Hadi Saputra, & Itsna Oktaviyanti. (2022). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Keterampilan Membaca Pemahaman . Journal of Classroom Action Research, 1(1), 158–163. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.2039

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada keterampilan membaca pemahaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III dan guru wali kelas III. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis faktor internal dan faktor eksternal penyebab kesulitan belajar membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar membaca pemahaman siswa kelas III di SDN 37 Ampenan disebabkan oleh faktor internal (Kesehatan tubuh yang kurang optimal, rendahnya intelegensi, rendahnya motivasi belajar siswa, rendahnya minat siswa dalam membaca, dan kematangan sosial dan emosi serta penyesuaian diri siswa yang belum stabil) dan faktor eksternal (cara guru dalam mengajar yang tidak bervariasi dan lingkungan keluarga berupa perhatian orang tua yang kurang pada siswa). Jadi dapat disimpilkan bahwa terdapat beberapa faktor penyebab kesulitan belajar membaca pemahaman siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal

References

Ahmadi dan Supriyono. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Sisw a Sekolah Dasar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 3, No 5 hal: 2336–2344.

Anzar, S. F., & Mardhatillah. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Bina Gogik, Vol 4, No. 1 hal: 53–64.

Astuti, Tri dkk. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jambi: Universitas Jambi.

Damastuti, Eviani. (2015). Faktor-Faktor Prediktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Membaca Pem ahaman Pada Siswa Yang Mengalami Kesulitan Membaca Pemahaman. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Jannah Mifatahul. (2019). Analisis Penyebab Kesulitan Dalam Membaca Siswa Kelas III di MI Assegaf Palembang. Palembang: UIN Fatah Palembang.

Khaniefati, Afifah Repsa. (2013). Hubungan Antara Intelegensi Dan Minat Membaca Dengan Kemampuan Memahami Bacaan Siswa Kelas Vii Smp Negeri Di Kecamatan Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mufidah Annisa. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Tepas Pada Masa Pandemi Covid-19. Mataram: Universitas Mataram.

Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Edutama,Vol 7, No. 1 hal: 1–8.

Rahayu, S. I. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Konsep Dasar Akuntansi. Jurnal Pajak, Akuntansi, Sistem Informasi, dan Auditing, Vol 1, No 1, hal: 40–57.

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rahmat, Abdul dkk. (2015). Perilaku Sehat dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol 2, No. 2 hal: 113-112.

Sari, Desi Kumala. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mnat Belajar Komputer Akuntasis Siswa Kelas IV Smk Negeri 1 Depok Tahun Ajar 2017/2018. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Windarti. (2013). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD 1 Petir Kabupaten Bantul, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: Sukabina Press.

License

Copyright (c) 2022 Safitri Melinia, Heri Hadi Saputra, Itsna Oktaviyanti

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).