Pengembangan Kegiatan Mozaik Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

Nur Istiqamah , I Nyoman Suarta , I Made Suwasa Astawa , Nurhasanah

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2644

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Pengembangan, Kegiatan Mozaik, Motorik Halus

Articles

Downloads

How to Cite

Istiqamah, N. ., Suarta, I. N. ., Astawa, I. M. S. ., & Nurhasanah. (2023). Pengembangan Kegiatan Mozaik Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 101–108. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2644

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kegiatan mozaik adalah pilihan yang tepat untuk melatih motorik anak, karena di dalam proses pelaksanaan mozaik terdapat kegaiatan menempel potongan bahan menggunakan lem pada pola yang telah dibuat sehingga koordinasi motoriknya akan terlatih. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development dengan tujuan untuk mengembangkan motorik halus anak melalui kegiatan mozaik. Metode pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Rancangan penelitian melalui 3 tahap pengembangan yang masing-masing tahapan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi/analisis. Hasil penelitian dengan tahap pengembangan I langkah kegiatan mozaik mulai terlaksana dengan persentase 51,7% dengan perkembangan motorik halus anak mulai berkembang 51,7%, pada tahap pengembangan II langkah kegiatan mozaik terlaksana dengan baik mencapai jumlah persentase 67,8% dan perkembangan motorik halus anak meningkat menjadi 66,6%, sedangkan tahap pengembangan III langkah kegiatan mozaik mencapai 85,7% dan perkembangan motorik halus anak berkembang sangat baik dengan jumlah persentase 88,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan kegiatan mozaik dapat meningkatkan perkembangan motorik halsu anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Bangsa Mataram.

References

Affandi, M. (2006). Seni Menggambar dan Kerajinan Tangan. Yogyakarta: PGTKI Press Yogyakarta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25-34.

Jhon W. Santrock. (2007). Perkembangan Anak. Jilid I Edisi Kesebelas. Jakarta : PT. Erlangga.

Marrison, G. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta:PT.Indeks.

MS Sumantri (2005), Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta:Dinas Pendidikan.

Novikasari, M. (2012). Kolase, Mozaik, Montase. Diakses dari: http://melyloelhabox.blogspot.com/2012/10/kolase-mozaik-dan-montase.html?m=1, Pada Tanggal 20 Februari 2022.

Putri, S. H., Astawa, I. M. S., Rachmayani. I., & Suarta, I. N. (2021). Mengembangkan Kegiatan Menganyam Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun: Studi Kasus Di Desa Mekar Sari Gerung Tahun 2020. Indonesia Jurnal of Elementary and Childhood Education, 2(1), 202-207

Restiyani. (2018). Pengembangan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak AT Tawakal Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1439 H/2018 M.

Sari, Y., Anisa, A., Afgani, J. J., & Yandri, S. (2021). Pengenalan Arsitektur Melalui Ketrampilan Dwimatra menggunakan Media Mosaik pada Anak Santri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 3(1), 25-30.

Selviana. (2019). Implementasi Teknik Mozaik Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Mandiri I Desa Hargo Pancuran Lampung Selatan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1441 H/2019 M.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nuraini. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suyadi. (2011). Panduan Penelitian Tindakan Kelas Buku Panduan Wajib bagi Para Pendidik. Yogyakarta: DIVA Press.

Zulkifli, L. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

License

Copyright (c) 2023 Nur Istiqamah, I Nyoman Suarta, I Made Suwasa Astawa, Nurhasanah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).