Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

Ine Febriyanti , Arjudin , Abdul Kadir Jaelani

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2764

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Giving Question and Getting Answer , Hasil Belajar, Matematika, Strategi Pembelajaran.

Articles

Downloads

How to Cite

Febriyanti, I. ., Arjudin, & Jaelani, A. K. . (2023). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 26–32. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2764

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan ialah Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini berjumlah 44 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Uji normalitas dilakukan dengan perhitungan data berupa hasil belajar matematika pre-test dan post-test menggunakan rumus kolmogorov smirnov dengan taraf  sig  5% (0,05) kemudian setelah data berdistribusi normal dilakukan uji homogenitas yang diperoleh dari hasil perhitungan post-test, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji t menggunakan perhitungan data post-test siswa. Hasil analisis data didapatkan nilai sig 2 tailed sebesar 0,000 yang nilainya kurang dari 0,05, maka berdasarkan hipotesis penelitian, jika nilai sig 2 tailed ≤ 0,05 t-tabel maka Ho ditolak dan Hâ‚ diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram Tahun Pelajaran 2022. Hasil penelitain ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya pada mata pelajaran yang berbeda.

References

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Kencana.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Faisal, M., Asrin., Jaelani, A. K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Reciporal Teaching Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Gugus V Manggelewa Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4)

Habibi, M. M., Jaelani, A. K., & Astini, B. N. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMA di Bogor Timur. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Hamzah B.Uno. 2018. Model Pembelajaran. Jakarta :Bumi Aksara.

Kariadi, D., & Suprapto, W. (2018). Model pembelajaran active learning dengan strategi pengajuan pertanyaan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran pkn. Educatio, 13(1), 11-21.

Lestari, W. (2015). Efektifitas strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144.

Muammar, H. 2015. Model Pembelajaran Assure dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa Kelas VII SMPN 22 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN). 2407-6902

Munarawah, I., Jaelani. A. K., Turmuzi. M. (2022). Penderapan Model Team Assited Individualization Pada Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Bagik Polak Barat. Jurnal Ilmiah Mandala Educaation (JIME).

Nonita, E. S., Nurhasanah, N., & Jaelani, A. K. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciporal Teaching terhadap Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas IV di SDN 10 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3)

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Putri, I. D. C. K., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan antara minat belajar matematika, keaktifan belajar siswa, dan persepsi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Riduwan. 2016. Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.

Riduwan. Sunarto. 2017. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi. Bandung : Alfabeta.

Sarlan, S., Gunayasa, I. B. K., & Jaelani, A. K. (2022). Hubungan Antara Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 48-52.

Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363-1369.

Silberman, Melvin L. 2012. 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nuansa.

Siregar, Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana.

Sudjana, Nana. 2017. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup.

Syafitri, R. (2017). Meningkatkan tanggung jawab belajar melalui strategi giving questions and getting answers pada siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2).

Widoyoko, Eka Putro. 2017. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Wijayanti, Rina. 2017. Pengaruh Metode Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Biologi dikelas X SMA Negeri Nibung Tahun Pelajaran 2016/2017. Sumatera Selatan : STKIP/PGRI Lubuk Linggau.

Yulianti, H., Iwan, C. D., & Millah, S. (2018). Penerapan Metode Giving Question And Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 6(2), 197-216.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140

License

Copyright (c) 2023 Ine Febriyanti, Arjudin, Abdul Kadir Jaelani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).