Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) PAHIBU Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

Tuti Rahmawati , Nurhasanah , M.A. Muazar Habibi , I Nyoman Suarta

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2766

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Alat Permainan Edukatif (APE), PAHIBU, Perkembangan Kognitif

Articles

Downloads

How to Cite

Rahmawati, T. ., Nurhasanah, Habibi, M. M. ., & Suarta, I. N. . (2023). Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) PAHIBU Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 163–170. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2766

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan kognitif anak dengan menggunakan APE PAHIBU pada kelompok B di TK Negeri Pembina Ampenan.  Jenis penelitian menggunakan pengembangan R&D dengan 3 tahap pengembangan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi terhadapsubyek 10 orang anak pada kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan kualitatif deskriptif. Langkah-langkah pengembangan yang sudah dilaksanakan pada saat penelitian(1) guru menyiapkan media yang akan digunakan pada saat bermain, (2) guru membagi kelompok menjadi 2 kelompok yang terdiri dari 5 orang anak, (3) guru menjelaskan langkah-langkah cara bermain PAHIBU pada anak, (4) guru memberikan waktu pada anak untuk bermain PAHIBU, (5) guru membantu hingga seluruh anakmenyelesaikanpermainan PAHIBU, (6) guru memberikan arahan kepada anak setelah selesai bermain untuk merapikan mainannya, (7) guru melakukan evaluasi hasil akhir.Hasil penelitian pada tahap observasi awal yang dilakukan oleh peneliti sebelum menerapkan permainan PAHIBU memperoleh hasil kemampuan kognitif anak pada kelompok B3 dengan rata-rata 37,3%. Kemudian penelitian dilakukan dengan menerapkan permainan PAHIBU pada tahap pengembangan I diperoleh hasil rata-rata 51,2% sedangkan pada tahap pengembangan II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 76,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa APE PAHIBU dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Ampenan Kota Mataram tahun ajaran 2022/2023.

References

Arifin, S. (2016). Perkembangan kognitif manusia dalam perspektif psikologi dan Islam. Tadarus, 5(1), 50-67.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik.Jakarta: Rineka Cipt

Barnadid, I., Nurhasanah., & Oktaviyanti, I. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Anak sebagai Upaya Pencegahan Lost Generation di SDN 4 Cakranegara. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 76-81.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50.

Fahruddin, F., Rachmayani, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 49-53.

Filtri, Heleni dan Sembiring, Al Khudri. 2018. Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. Jurnal: Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.1. No.2.

Gesang, Eca Mentari dan Ayu Arif Andriani. 2021. Penggunaan Alat PermainanEdukatif Dalam MengembangkanKemampuanKognitif Anak Usia Dini di RaudhatulAthfal Al-hidayah. Jurnal: Indonesia Journal Of Islamic Golden Age Education. Vol.2.No.1.

Mulyati, Cucu dkk. 2019. Pengembangan Media Papan Flanel Untuk Memfasilitasi Konsep Bilangan Anak Pada Kelompok B. Jurnal: Pendidikan Dan Konseling. Vol.1 No.1.

Nahdyawaty, Dhea dkk. 2020. Pengembangan Media Papan Hitung Buah Untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada KelompokK B. Jurnal: PAUD agapedia. Vol.4. No.2.

Nuraini., Jaelani, A. K., Suarta, I. N., & Astini, B. N. (2023). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Bahasa Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 33-40.

Nurhasanah. 2018. Perkembangan Anak Usia dini. Mataram: Arga Puji Press

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rahayu, Dwi Istati. 2018. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Gunung Sari: FKIP Universitas Mataram.

Saputra, A. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192-209.

Shunhaji, Akhmad dan Fdiyah, Nur. 2020. Efektifitas Alat Peraga Edyukatif (APE) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal: ALIM. Vol.2. No.2.

Srianis, K., Suarni, N. K., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2014). Penerapan metode bermain puzzle geometri untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52-65.

Syamsuardi. 2012. Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jurnal: Publikasi Pendidikan. Vol.11. No.1.

License

Copyright (c) 2023 Tuti Rahmawati, Nurhasanah, M.A. Muazar Habibi, I Nyoman Suarta

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).