Analisis Tingkat Berpikir Geometri Siswa Menurut Teori van Hiele Ditinjau dari Gaya Belajar

Authors

Rahmawati , Nyoman Sridana , Tabita Wahyu v , Sudi Prayitno

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3182

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Tingkat Berpikir Geometri, Teori Van Hiele, Gaya Belajar

Articles

Downloads

How to Cite

Rahmawati, Sridana, N. ., v, T. W. ., & Prayitno, S. . (2023). Analisis Tingkat Berpikir Geometri Siswa Menurut Teori van Hiele Ditinjau dari Gaya Belajar . Journal of Classroom Action Research, 5(2), 40–47. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3182

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat berpikir geometri siswa menurut teori van Hiele ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IX A, IX B, dan IX C SMPN 7 Mataram tahun pelajaran 2022/2023 yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket gaya belajar dan tes tingkat berpikir geometri van Hiele. Teknik analisis data yang digunakan meliputi teknik analisis data angket gaya belajar dan teknik analisis data tes tingkat berpikir geometri van Hiele. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar yang dominan dimiliki oleh siswa adalah gaya belajar auditorial dibandingkan dengan gaya belajar visual dan kinestetik. Siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial berada pada tingkat 1 (analisis). Siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial sudah mampu mengidentifikasi suatu bangun ruang sisi datar berdasarkan karakteristik visualnya, mampu menentukan sifat-sifat suatu bangun ruang sisi datar dan kesamaan sifat beberapa bangun ruang sisi datar. Siswa dengan gaya belajar kinestetik berada pada tingkat 0 (visualisasi). Siswa dengan gaya belajar kinestetik sudah mampu mengidentifikasi suatu bangun ruang sisi datar berdasarkan karakteristik visualnya.

References

Ain, H., Baidowi., & Hapipi. (2020). Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir van Hiele. Jurnal Pijar MIPA, 15(3), 273-279.

Alfaruqi, A., & Lutfianto, M. (2016). Perbandingan Kemampuan Spasial Siswa SMA pada Materi Geometri Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 13-17.

Bariyyah, K., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas IX SMP di Kota Cimahi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 403-414.

Cesaria, A., Herman, T., & Dahlan, J.A. (2021). Level Berpikir Geometri Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Elemen, 7(2), 267-279.

Deporter, B., & Henarcki, M. (2011). Quantum learning: membiasakan belajar nyaman & menyenangkan (Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman). Bandung: Kaifa.

Diantari, W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Meneyelesaikan Soal Berdasarkan Teori van Hiele. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 704-712.

Halilianti, B. Y., Sripatmi., Azmi, S., Sridana, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 557-566.

Hamidah., & Kusuma, J. W. (2020). Analysis of Student Learning Styles and Geometry Thinking Skills. Conference Series, 1-6.

Hidayatulloh, M. F., & Julianingsih, D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(2), 51-60.

Lestari, I., Prayitno, S., Baidowi & Sripatmi. (2023). Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 65-74.

Liu, S., & Forrest, J. Y. (2010). Advances in Grey Systems Research. Berlin: Springer-Verlag Berlin Heidelberg.

Lusyana, E., & Lestari, T. K. (2022). Pengembangan Pembelajaran Matematika SMK Menggunakan Teori Van Hiele. Pasaman Barat: CV. Azka Putra.

Maharani, P., Susanto., Yuliati, N., & Kusuma, M. A. (2022). Profile of Creative Thinking Ability in Junior High School in Solving Flat-Building Geometry Problems in Term of Van Hiele’s Level and Students Visual Learning Styles. International Journal of Advanced Engineering Research and Science (IJAERS), 9(4), 89-97.

Mufarihah, N., Yuliastuti, R., & Nurfalah E. (2019). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Peluang Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 2(2), 50-61.

Mustafida, F. (2013). Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kecenderungan Gaya Belajar Peserta Didik SD/MI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 77-95.

Nurani, I. F., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2016). Level Berpikir Geometri Van Hiele Berdasarkan Gender pada Siswa Kelas 7 SMP Islam Hasanuddin Dau Malang. Jurnal Pendidikan, 1(5), 978-983.

Nurhaolida., Hayati, L., Wulandari, N. P., & Azmi, S. (2022). Analisis Tingkat Berpikir Siswa Berdasarkan Teori van Hiele Materi Segi Empat dan Segitiga Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 34-45.

Nurkidam, A. (2016). Hubungan Antara Gaya Belajar dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan, 14(1), 36-46.

Petrus, Z., Karmila, & Riady, A. (2017). Deskripsi Kemampuan Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Pedagogy, 2(1), 145-160.

Prayitno, S. (2019). Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran Matematika. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.

Safitri, E. L., Prayitno, S., Hayati, L., & Hapipi. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 348-358.

Sahara, R. I. A., & Nurfauziah, P. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahap Berpikir van Hiele. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 911-920.

Sari, A. K. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(2), 1-12.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298.

Soenardji, G. (2020). Profil Pemecahan Masalah Siswa pada Masalah Geometri Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Gaya Belajar. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 3(2), 78-91.

Suherman, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Geometri Van Hiele Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Example Non Examples. Jurnal Analisa, 2(4), 69-80.

Sulistiowati, D. L. (2022). Aanalisis Karakteristik Tingkat Berpikir Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori van Hiele. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 185-198.

Susanti, E., Andreyanto, F., Faizah, R. S., & Afifah, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Tengaran Ditinjau dari Gaya Belajarnya. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 342-352.

Susanto, S., & Mahmudi, A. (2021). Tahap Berpikir Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Keterampilan Geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 106-116.

Sutama, & Anggitasari, B. (2018). Gaya dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMK. Jurnal Managemen Pendidikan, 13(1), 52-61.

Utami, M. W., Setiawan, T. B., & Oktavianingtyas, E. (2016). Tingkat Berpikir Geometri Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Jember Materi Segiempat Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika. Jurnal Edukasi UNEJ, 3(2), 43-47.

Utomo, F. H., Wardhani, I. S., & Asrori, M. A. (2015). Komunikasi Matematika Berdasarkan Teori Van Hiele pada Mata Kuliah Geometri Ditinjau dari Gaya Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 159-170.

Yudianto, E., Nindya, Y. S., & Setiawan, T. B. (2021). Kecemasan Geometri Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1102-1115.

Zainul, R. (2017). Desain Geometri Sel PV. Padang: CV Berkah Prima,

License

Copyright (c) 2023 Rahmawati, Nyoman Sridana, Tabita Wahyu v, Sudi Prayitno

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).