Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa

Authors

Ulyarul Chyalutfa , Muhammad Makki , Ilham Syahrul Jiwandono

DOI:

10.29303/jcar.v4i3.1913

Published:

2022-09-05

Issue:

Vol. 4 No. 3 (2022): Agustus

Keywords:

Media Pohon Literasi, Hasil Belajar Bahasa Indonesia, PISA.

Articles

Downloads

How to Cite

Chyalutfa, U. ., Muhammad Makki, & Ilham Syahrul Jiwandono. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 82–86. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1913

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Kemampuan literasi di Indonesia masih rendah berdasarkan survei yang dilakukan oleh PISA (Program For International Students Assessment). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pohon literasi terhadap hasil belajar siswa kelas V di Gugus 01 Darek Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V di Gugus 01 Darek. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan uji-t dependen yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian, analisis dan pembahasan diperoleh hasil bahwa uji normalitas Shapiro-wilk diperoleh nilai signifikansi 0,470 > 0,005 dan 0,500 > 0,05 yang berarti data berdistribusi normal, sedangkan uji homogenitas diperoleh signifikansi nilai (sig.2-tailed) sebesar 0,865 > 0,05 pada nilai pre-test dan 0,332 pada nilai post-test yang berarti data homogen, sedangkan uji-t dependen diperoleh signifikansi (sig.2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan adanya pengaruh pohon literasi media terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, analisis, dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pohon literasi media berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V di Gugus 01 Darek Tahun Pelajaran 2021/2022.

References

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. CV. Pilar Nusantara.

Arijumiati, R., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran oleh Guru pada Masa Pandemi di SDN 1 Lajut Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 698-704.

Arsyad, M. Ziyan Takhqiqi., (2020). Pengembangan Keterampilan Menulis Reflektif Siswa Sekolah Dasar Melalui Pohon Literasi. Jurnal Pena Karakter. Volume 2. Nomer 2. Diakses pada 19 september 2021 melalui: https://scholar.google.com/scholar?cluster=13428386104206024968&hl=en&oi=scholarr#d=gs_qabs&t=1653886368418&u=%23p%3DCOH93wM2W7oJ

Dilvina, Siska., (2021). “Studi Tentang Prestasi Belajar Rendah (Studi Kasus Pada Kelas V Di SDN 1 Barejulat) Tahun Ajaran 2020/2021â€. Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.

Faradilla, Siti, & Dkk., (2020). Evaluasi Proses Dan Hasil Belajar. Penerbit Uhamka Press. Jakarta.

Fatmawati, Linda., (2018). “Pengaruh Hasil Belajar Pai Terhadap Akhlak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Malangâ€. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Fitriyani, F., & Nugroho, A. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT DAN INOVASI, 2(1), 307-314.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Gustina, Hazari., (2020). “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Negeri 68 Kota Bengkuluâ€. Skripsi. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hamdi, Asep Saepul, & E. Baharudin., (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Penerbit Deepublish. Yogyakarta.

Hamid, Mustofa Abi, Dkk., (2020). Media Pembelajaran. Penerbit Yayasan Kita Menulis. Medan.

Kemendikbud, Satgas Gerakan Literasi Sekolah., (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Penerbit Direktorat Jendral. Jakarta.

Marlina, Leni, & Sholehun., (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal bahasa Indonesia. diakses pada, 30 maret 2022 melalui: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/download/952/582/&ved=2ahUKEwj4nqeKme32AhXMwzgGHfwFBtoQFnoECDQQAQ&usg=AOvVaw3gOGumjJ7hnfIc6af3ixSW

Maulyda, Mohammad Archi, Dkk., (2020). Penggunaan Website Quiizizz Untuk Mengevaluasi Hasil Belajar Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Fundikdas. Volume 3. Nomer 2. Diakses Pada, 20 Juni 2022 Melalui: https://www.researchgate.net/profile/ratih-ayu-apsari/publication/345153601PENGGUNAAN WEBSITE QUIZIZZ UNTUK MENGEVALUASI HASIL BELAJAR CALON GURU SEKOLAH DASAR/links/5f9f839f299bf1b53e59b860/PENGGUNAAN-WEBSITE-QUIZIZZ-UNTUK-MENGEVALUASI-HASIL-BELAJAR-CALON-GURU-SEKOLAH-DASAR.pdf

Muslimin, M. (2018). Foster a culture of literacy through increased reading interest in village communities. Cakrawala Pendidikan, (1), 237931.

Muti’ah, Imro’atul., (2020). “Penggunaan Media Pembelajaran Pohon Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Bidang Studi Alqur’an Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Jambiâ€. Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Nurhayati, Siti, & Anggun Winata., (2018). Pembelajaran Dengan Media Pohon Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik Kelas I Sdn Siderejo I Tuban Pada Tema Peristiwa Alam Dan Subtema Bencana Alam. Jurnal Teladan. Volume 3. Nomer 1. Diakses Pada, 19 September 2021 Melalui : https://www.google.co.id/url?q=http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/download/31/31&sa=U&ved=2ahUKEwibv-fg--zzAhUZOisKHe6XCtwQFXoECAIQAg&usg=AOvVaw0JR_Xf9YRbJ-9BJeL24CTo

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23-33.

Pergiwa, Mutiara Lesmana., (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Pohon Literasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik. Volume 6. Nomer 2. Diakses pada, 19 september 2021 melalui: https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1605/1374

Ramdani, A., Purwoko, A. A., & Yustiqvar, M. (2021, December). Improving Scientific Creativity of Teacher Prospective Students: Learning Studies Using a Moodle-Based Learning Management System During the COVID-19 Pandemic. In International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021) (pp. 261-267). Atlantis Press.

Riana, Cepy., (2012). Media Pembelajaran. Penerbit Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI. Jakarta Pusat.

Rubianti, (2021). “Penggunaan Media Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi SDN 3 Maria Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2021â€. Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.

Samsiyah, Nur., (2016) Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Kelas Tinggi. Penerbit Cv. Ae Media Grafika. Jawa Timur.

Suhendar, Akip., Zaenal Mustofa.,(2014). Media Pembelajaran Mengenal Bentuk Dan Warna Berbasis Multimedia Pada RA Al A’raaf. Jurnal Protekinfo. Volume 1. Diakes Pada 29 Mei 2022, Melalui: https://www.google.co.id/url?q=https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/ProTekInfo/article/download/35/30/&sa=U&ved=2ahUKEwiiiP3JxpD4AhXcRmwGHevhCTMQFXoECAIQAg&usg=AOvVaw3TJ31Gv6TuQL5LngHBipqW

Sumiharsono, Rudy, & Hisbiyatul Hasanah., (2017). Media Pembelajaran. Penerbit Yayasan Kita Menulis. Medan.

Sutrisna, Nana., (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Di Kota Sungai Penuh. Jurnal JIP. Volume 1. Nomer 12. Diakses pada 29 Mei 2022, melalui: https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/530

Syahputra, Edy., (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat Dan Hasil Belajar. Penerbit Haura Publishing. Sukabumi.

Tarjo, (2019). Metode Penelitian Sistem 3x Baca. Penerbit Deepublish. Yogyakarta.

Ulfa, M., & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Berliterasi melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Pohon Literasi. Jurnal Basicedu, 5(6), 5204-5212.

Utami, Larasati Dyah., (2021) Tingkat Literasi Indonesia Di Dunia Rendah, Rangking 62 Dari 70 Negara. Diakses Pada 29 Mei 2022, Melalui: https://perpustakaan.kemendagri.go.id/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara/

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2022 lyarul Chyalutfa, Muhammad Makki, Ilham Syahrul Jiwandono

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).