Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Kasus pada Materi Zat Aditif dan Adiktif Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Authors

Aniza Muaffiani , I Putu Artayasa , I Wayan Merta

DOI:

10.29303/jcar.v4i3.1967

Published:

2022-09-05

Issue:

Vol. 4 No. 3 (2022): Agustus

Keywords:

Keterampilan berpikir kritis, pembelajaran berbasis kasus, pembelajaran IPA SMP

Articles

Downloads

How to Cite

Muaffiani, A. ., Artayasa, I. P. ., & Merta, I. W. . (2022). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Kasus pada Materi Zat Aditif dan Adiktif Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 120–126. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1967

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu tuntutan pembelajaran Abad XXI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan pembelajaran berbasis kasus terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Unequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel yaitu dengan metode purposive sampling. Variabel bebas penelitian yaitu penerapan pembelajaran yang berbeda, sedangkan variabel terikat yaitu keterampilan berpikir kritis siswa. Data keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh dari hasil tes masing-masing kelas. Instrumen tes disusun berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis. Pengujian hipotesis data dalam penelitian ini menggunakan uji ANACOVA. Hasil penelitian didapatkan nilai sig. (p) = 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis kasus berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

References

Ariyatun & Octavianelis, D. F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Educational Chemistry. 2(2), 33-39. Diakses dari http://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/jec.

Dewi, K.A. I. D., Suarsana, I. M & Juniantari. M. (2020). Pengaruh E-Learning Berbasis Rumah Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya. 14(1), 65-77. Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/23986.

Farisi, A., Hamid, A & Melvina. (2017). Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. 2(3), 283-287. Diakses dari http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/4979.

Filsaime, D. K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Habibah, F. N., Setiadi, D., Bahri, S & Jamaludin. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning berbasis Blended Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI di SMAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(2), 686-692. Diakses dari https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/603.

Iriyance, I. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Kesatuan Bogor. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 13-22. Diakses dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jps/article/view/989.

Kurnia, A. R. D. (2020). Pengembangan Kurikulum IPA Terpadu SMP Tinjauan Filosofis, Teoretis, Dan Contoh Implementasinya. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Lestari, D. D & Muchlis. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 5(1), 25-33. Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/article/view/30987.

Lukitasari, M., Purnamasari, I., Utami, S & Sukri, A. (2019). Blended-Problem-Based Learning: How its impact on students' critical thinking skills?. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 5(3), 425-434. Diakses dari https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/10048.

Mariyam, S., Triwoelandari, R & Nawawi, H. K. (2018). Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan. 2(11), 1282-1296. Diakses dari http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/438.

Maryam., Kusmiyati., Merta, I. W & Artayasa, I P. (2019). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA MAN 2 Mataram. Jurnal Pijar MIPA. 14(3), 154-161. Diakses dari https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/106.

Payadnya, I. P. A. A. P & Atmaja, I. M. D. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran “WHAT-IFâ€. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Putri, C. D., Pursitasari, I. D & Rubini, B. (2020). Problem Based Learning Terintegrasi STEM di Era Pandemi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. 4(2), 193-204. Diakses dari http://jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/view/17859.

Safitri, P. T & Purbaningrum, K. A. (2020). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kasus (Case Based) pada Mata Kuliah Statistik Pendidikan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 256-267. Diakses dari https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/8768.

Sari, N. J. E., Awanita, I. M & Irawan, I. K. A. (2020). Pola Berpikir Kritis (Critical Thinking) Dalam Ruang Belajar Mengajar Era Abad 21. Jurnal Pasupati. 7(1), 59-71. Diakses dari https://ojs.stahdnj.ac.id/index.php/pasupati/article/viewFile/208/78.

Saputra, A. P., Sudarman, Yos & Marzam. (2018). Penggunaan Metode Konvensional Oleh Guru pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di SMP Negeri 2 Painan. E-Jurnal Sendratasik, 7(4), 68-75. Diakses dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/sendratasik/article/view/105110.

Setiyawan, S., Sutrio & Harjono, A. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Core untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 6(4), 800-806. Diakses dari https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/324.

Sudrajat, A. et al. (2021). Best Practice Implementasi Pembelajaran Aktif Dengan Case Method. Kota Malang: Literasi Nusantara. Diakses dari https://books.google.co.id/books?id=NqJgEAAAQBAJ&pg=PA40&lpg=PA40&dq=Best+Practice+Implementasi+Pembelajaran+Aktif

U-Report Indonesia Voice Matters. (2020). Rencana Kembali ke Sekolah di masa COVID-19. Diakses dari https://indonesia.ureport.in/opinion/4283/,

Wahyudi, M., Suwatno & Santoso, B. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 5(1), 67-82. Diakses dari https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/25853.

Wulandari, A. D. 2013. Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Materi Laju Reaksi. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. 1(1), 18-26. Diakses dari http://portalgaruda.fti.unissula.ac.id/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=199845

Yuliantaningrum, L & Sunarti, T. (2020). Pengembangan Instrumen Soal HOTS untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, dan Pemecahan Masalah Materi Gerak Lurus pada Peserta Didik SMA. Inovasi Pendidikan Fisika. 9(2), 76-82. Diakses dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/5/article/view/33368.

License

Copyright (c) 2022 Aniza Muaffiani, I Putu Artayasa, I Wayan Merta

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).