Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun

Authors

Nurul Athifah , Moh. Irawan Zain , Ida Ermiana

DOI:

10.29303/jcar.v4i3.2063

Published:

2022-09-05

Issue:

Vol. 1 No. 2 (2019)

Keywords:

Pengembangan, media pembelajaran, pop-up book, pantun

Articles

Downloads

How to Cite

Athifah, N. ., Zain, M. I. ., & Ermiana, I. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun . Journal of Classroom Action Research, 1(2), 187–195. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.2063

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penggunaan media kedalam pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini dikarenakan siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran merasa seneng dan tertarik untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran pop-up book yang memuat materi pantun untuk kelas V SDN 61 Karara Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif yang didapatkan melalui wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan uji validasi media tahap I adalah 80% dan tahap II adalah 88.8%. sedangkan hasil uji validasi materi mendapatkan hasil 91,1%. Berdasarkan uji tanggapan peserta didik mendapatkan hasil 84,8%, pada uji coba kelompok kecil, 88,8% pada kelompok sedang, dan 91,4% pada kelompok besar, sedangkan hasil observasi implementasi mendapat hasil 85%. Dapat disimpulkan bahwa media pop-up book yang dikembangkan layak digunakan untuk mengajarkan pembelajaran bahasa Indonesia materi pantun pada kelas V sekolah dasar.

References

Aguspiani, R., Bagus, I., & Irawan, M. (2022). Kemampuan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan di Era Pandemi Covid-19. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 87-97.

Ermiana, Ida., H.A.Hari Witono., dan Baiq Niswatul Khair. 2019. Pengembangan Media Berdasar Komputer (Cbi) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas III di SDN 12 Ampenan. Dalam jurnal seminar nasional pagelaran pendidikan dasar nasional (ppdn) 2019, 1 (1), 298. Tersedia di: http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1337

Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Dalam jurnal lingkar widyaiswara, 1 (4), 114-116. Tersedia di: https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf

Fitri, Nita Anisa dan Karlimah. 2018. Pengembangan Media Pop-Up Book Kubus dan Balok untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Dalam jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar, 5 (4), 227. Tersedia di: https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/13196

Gunayasa, I. B. K., & Dewi, N. K. (2021). Pengembangan Media Photo Story Pada Pembelajaran Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 152-159.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Karisma, I Komang Eri., I Gede Margunayasa dan Pinkan Amita TP. 2020. Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Dalam jurnal ilmiah sekolah dasar, 4 (2), 123. Tersedia di: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/24458

Khair, Ummul. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. Dalam jurnal Pendidikan dasar, 2 (1), 23 dan 88. Tersedia di: http://repository.iaincurup.ac.id/55/

Ningsih, B. W., Istiningsih, S., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Muatan Materi Bahasa Indonesia. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 128-132.

Ramadhani, Syarafina. 2018. Pengaruh Teknik Pancingan Kata Kunci Terhadap Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Tarbiyah Islamiyah Tahun Ajaran 2017-2018 (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) diambil dari: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12129

Ramdani, A., Purwoko, A. A., & Yustiqvar, M. (2021, December). Improving Scientific Creativity of Teacher Prospective Students: Learning Studies Using a Moodle-Based Learning Management System During the COVID-19 Pandemic. In International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021) (pp. 261-267). Atlantis Press.

Randika, F., Karma, I. N., & Zain, M. I. (2022). Masalah Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran di Kelas Tinggi. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 33-39.

Rasyid, Isran dan Rohani. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Dalam jurnal Pendidikan dan Matematika, 7 (1), 94. Tersedia di: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778

Rayanto, Yudi Hari dan Sugianti. 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori Dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute

Sari, Kiki D.W. 2020. Pengembangan Media Pop Up Book Berdasar Model ADDIE pada Pembelajaran Membaca Permulaan untuk Siswa Autis Kelas 1 Sekolah Dasar (Skripsi, universitas muhammadiyah malang) diambil dari: https://eprints.umm.ac.id/64159/

Sholeh, Muhammad. 2019. Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Dalam Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4 (I). Tersedia di: https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/6979

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta

Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2022 Nurul Athifah, Moh. Irawan Zain, Ida Ermiana

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).