Implementasi PAUD Holistik Integratif pada TK di Kabupaten Lombok Utara Tahun 2022

Authors

Isti Fardila Aeni , Baik Nilawati Astini , Ika Rachmayani

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2298

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

PAUD Holistik Integratif, TK, Lombok Utara.

Articles

Downloads

How to Cite

Aeni, I. F., Astini, B. N. ., & Rachmayani, I. (2023). Implementasi PAUD Holistik Integratif pada TK di Kabupaten Lombok Utara Tahun 2022. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2298

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

PAUD Holistik Integratif merupakan salah satu program pengembangan kegiatan pembelajaran pada lembaga pendidikan untuk anak usia dini yang dalam pelaksanaanya dilakukan secara utuh, menyeluruh dan terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi layanan PAUD HolistikIntegratif pada TK di Kabupaten lombok Utaras tahun 2022. Metode penelitian ini  merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode survei. Penelitian ini menggunakan teknik sampling stratified proposional random sampling, dengan populasi sebanyak 133 satuan lembaga dan sampel sebanyak 10%. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian PAUD Holistik Integratif pada 13 satuan lembaga yang ada di kabupaten lombok utara,menunjukan hasil bahwa lembaga yang melaksanakan layanan perlindungan sebanyak 38%, layanan pembelajaran sebanyak 85%, layanan Keamanan dan Kenyamananhanya 8%  lembaga menyediakan APE luar dengan memperhatikan jumlah anak yang dilayani akan tetapi ada sebanyak 92% pendidik menjaga dan memfasilitasi anak disatuan sampai anak dijemput orang tuanya, layanan kesehatan dan gizisebanyak 77% yang sudah melakukan kerjasama dengan  instansi bidang kesehatan namun kerjasama tersebut didominasi oleh kerjasama dalam bentuk formal saja, dan layanan Peran Orang Tua dan Pengasuhan secara organisasi pengasuhan orang tua atau persatuan orang tua murid (POM) hanya 38%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa implementasi PAUD Holistik Integratif pada TK di Kabupaten Lombok Utara Tahun 2022 sudah cukup terlaksana namun belum secara maksimal dan menyeluruh. Diharapkan pemerintah setempat untuk memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada kepala lembaga dan pendidik  tentang program Layanan PAUD Holistik Integratif khusunya kerjasama dalam bidang perlindungan anak.

References

Akbar, R. A. (2018). Evaluasi Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Pada Satuan Paud. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 137-164

Angkur, Maria, Fatima, M. (2022). Penerapan Layanan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2587

Dewi, S. Dkk. (2013). Desain Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif PAUD Non Formal. 2, 106-110

Hajati, K. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat. Indonesian Journal of Educational Science (IJES),1(1), 17–24. https://doi.org/10.31605/ijes.v1i1.133

Kusumaningtyas, N. F., Astini, B. N., & Rachmayani, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Larasati, Astuti. (2020). Pengaruh Standarisasi Ruang Ramah Anak Terhadap Keamanan Dan Kenyamanan Pengguna PAUD Qurotaa ‘Ayun. ISSN:2721-8686 (online).

Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.200

Nuryanto. Dkk. (2014). Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Gizi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia ISSN: 1858-4942.

oktaviani, D, A., & Dimyati. (2021). Penerapan PAUD Holistik Integratif Pada Masa PandemiCovid 19. jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,5(2), 1870-1882. hhtps://doi.org/10.31004/obsesi.v5j2.995

Presiden Republik Indonesia. (2013). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 Tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Iintegratif. Pemerintah Indonesia.

Ruli, Efrianus. (2020). Tugas dan Peran O rang Tua dalam Mendidik Anak. Jurnal : Edukasi Nonformal. E-ISSN: 2715-2634.

Setiawati, D., Rachmayani, I., & Jaelani, A. K. (2022). Pemetaan Metode Pembelajaran yang diterapkan Guru dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia 5–6 Tahun. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Suarta, I. N., & Rahayu, D. I. (2018). Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan,3(1), 31. https://doi.org/10.29303/jipp.Vol3.Iss1.44

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Suprapto, E. (2020). Kendala Satuan PAUD dalam Penerapan PAUD Holistik Integratif (PAUD HI) di Kecamatan Salahutu dan Leihutu Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Ilmiah PATITTA-BPPAUD Dan Dikmas Maluk, 7(1),41-53.

License

Copyright (c) 2023 Isti Fardila Aeni, Baik Nilawati Astini, Ika Rachmayani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).